Mengenal Lebih Dekat Dengan Si Jaket Ijo

Jakarta, KPonline – Jaketnya berwarna ijo, kemanapun pergi selalu dipakainya. Jaket ijo, sebuah julukan yang kini melekat erat dengan sosok yang satu ini.

Nama jaket ijo pun di jadikan watermark foto hasil karyanya di sosial media. Pemilik nama aslinya Iwan Budi Santoso. Bagi mereka yang sudah malang melintang dalam gerakan buruh khususnya FSPMI tentu sudah mengenalnya.

Bacaan Lainnya

Saat ini sudah 6 periode menjabat sebagai pengurus PUK SPAMK FSPMI PT Musashi sejak tahun 2001. Iwan jaket ijo biasa orang memanggilnya, adalah orang yang sangat loyal terhadap organisasi. Bahkan setiap harinya di sibukan dengan urusan organisasi.

Terlebih saat ini menjabat sebagai Ketua Media Perdjoeangan Nasional FSPMI. Dengan mengendarai sepeda motornya, setiap hari harus pulang pergi menuju kantor DPP FSPMI di Jakarta, padahal rumahnya berada di Bekasi. Bisa di bayangkan berapa kilometer jarak yang harus di tempuh. Cuaca panas dan hujan bukan menjadi sebuah halangan bagi sosok yang mempunyai hobi fotografi ini.

Kapasitas dan loyalitasnya dalam berorganisasi tak perlu di ragukan lagi. Semua itu dilakukan demi kepentingan organisasi dan perjuangan kaum buruh. Bahkan dalam masa liburan akhir tahun 2017 kemarin, disela-sela liburan bersama keluarga di Solo, jaket ijo masih mau meluangkan waktu untuk datang dalam acara Pendidikan dan pembentukan Media Perdjoeangan FSPMI kabupaten Karawang.

Berikut ini, riwayat perjalanan berorganisasinya dalam kepengurusan FSPMI

Di tingkat PUK SPAMK FSPMI PT Musashi

1.Periode 2001-2005 sebagai Wakil Sekretaris bidang Advokasi

2.Periode 2005-2008 sebagai Wakil Sekretaris bidang Pendidikan

3.Periode 2008-2011 sebagai Wakil Ketua Bidang Pendidikan

4.Periode 2011-2014 sebagai Wakil Ketua Bidang Pendidikan

5.Periode 2014-2017 sebagai Wakil Ketua Bidang Pendidikan

6.Periode 2017-2020 sebagai Wakil Sekretaris Bidang Peranan Pekerja dan Perempuan

Di Tingkat DPP & Nasional

1.2011-2016 sebagai Direktorat Infokom DPP FSPMI

2.2013-2016 sebagai ketua Team Media FSPMI

3.2016-2021 sebagai Koordinator Eksekutif (Koordinator Nasional) Media Perdjoeangan FSPMI

Tidak hanya itu, si Jaket ijo juga terlibat dalam pembuatan Film Profil FSPMI 1 dan 2, Film Working Class Heroes, dan beberapa film dokumenter organisasi lainnya.

Pilar Media Perdjoeangan FSPMI, saat ini mempunyai 9 divisi yaitu KP cetak, KP online, fotografi, videografi, desain grafis, penulisan, cyber, pendidikan dan kaderisasi, serta riset dan pengembangan.

Semua divisi diisi oleh orang-orang yang mempunyai kapasitas dan keahlian di bidangnya masing-masing. Iwan jaket ijo bersama-sama team seperti Kahar S. Cahyono, M Herveen, Agung Brada dan lainnya mulai mengembangkan pilar Media Perdjoeangan dengan membentuk Media Perdjoeangan di tingkat daerah seperti Tangerang, Karawang, Subang, Bekasi, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatra Utara, Kepulauan Riau dan daerah lain.

Di kala media-media nasional tidak ada yang mengangkat isu pergerakan buruh, mau tidak mau buruh harus membangun medianya sendiri sebagai media alternatif untuk mengangkat isu-isu tentang pergerakan buruh tersebut.

Atas dasar itulah pilar media perdjoeangan FSPMI hadir untuk menyuarakan isu perjuangan buruh dengan tagline “Suara Kaum Buruh”.  Di tingkat PUK sendiri, jaket ijo juga membentuk team media dan infokom untuk mendokumentasikan setiap kegiatan organisasi, baik dalam bentuk foto, video, poster, tulisan dan lain-lain.

“Media bukan hanya foto saja, tapi media bisa berupa tulisan, video, poster, animasi dan lain-lain. Aku tidak mencari orang yang bisa, tapi aku mencari orang yang mau belajar, mau bergerak dan mau berjuang bersama organisasi buruh”, kata Iwan dalam sebuah diskusi kecil bersama beberapa orang anggota PUK Musashi. (Dedi Kurniady/Foto: Eddo)

Pos terkait