Mengambil Tema “BB,CB,BB”, KC FSPMI Deli Serdang Gelar Pelatihan Dasar Media & Organising

  • Whatsapp

Deli Serdang,KPonline– Untuk meningkatkan pengetahuan anggota tentang pentingnya Media dalam gerakan buruh menuju kesejahteraan, Konsulat Cabang (KC) FSPMI Kabupaten Deli Serdang menggelar Pelatihan Dasar Media & Organising, Minggu (20/9/2020).

Pelatihan yang bertempat di Sekretariat KC FSPMI Kab. Deli Serdang Jl. Medan Tanjung Morawa, Km 13,1 No.1 Gang Dwiwarna Desa Bangun Sari baru ini mengangkat tema “Berjuang Bersama, Cerdas Bersama & Besar Bersama” (BB,CB,BB) dengan tujuan meningkatkan minat anggota dalam mengelolah Media sebagai alat perjuangan Non litigasi.

Bacaan Lainnya

Di buka secara resmi oleh Dedi Heriawan selaku Ketua KC FSPMI Kabupaten Deli serdang pada pukul 14:00 wib, Pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keminatan peserta dalam hal menulis dan menjadikan tulisan sebagai alat PE-RANGKUL se-samamu dan PE-RUNTUH musuh-musuhmu ini berlangsung dengan hikmat.

Dilanjutkan oleh Daniel Marbun sebagai pemateri Organising yang juga merupakan ketua tim organizer FSPMI Sumut yang mengupas dasar dari tujuan buruh masuk kedalam organisasi serikat buruh, hingga sampai pada pembedahan dari apa yang sebenarnya terjadi atau penyebab buruh hidup dalam ketidak sejahterakan.

Disesi kedua dilanjutkan oleh Soni Eka Putra Devisi Photo Videografi Media Perdjoeangan FSPMI SUMUT yang mempresentasikan dasar dalam pengambilan photo dan video serta cara dasar menggunakan alat seadanya dalam pengambilan atau menciptakan gambar dan video agar dapat melukiskan apa yang terjadi di ruang lingkup kaum buruh secara jelas, yang biasa di sebut gambar berbicara.

Sedangkan di sesi ketiga. Pelatihan di lanjut dengan tehnik dasar menulis, menyusun kata agar menarik dan menjadi sebuah senjata untuk merangkul sesama buruh, memberikan kontribusi yang mendidik kepada para pembaca sampai dengan tujuan menjadikan tulisan sebagai alat seperti Godam yang mampu menghancurkan dinding-dinding tinggi pengexploitasian, penindasan, diskriminasi terhadap buruh oleh Nurfadli yang juga merupakan Devisi Penulisan Di Media Perdjoeangan FSPMI SUMUT.

Disesi ke empat atau sesi terakhir pada pelatihan kali ini di bawakan oleh Afriyansyah yang merupakan Kordinator Media Perdjoeangan FSPMI Sumut dengan isi materi Media Kampanye.

Media kampanye menyatu dalam gerak langkah serikat buruh serikat pekerja. Contohnya dalam hal perekrutan atau Oganizer yaitu sebagai alat promosi testimoni dan pengenalan serikat kepada para pekerja terutama para pekerja yang belum masuk dalam satu organisasi serikat pekerja.

Kedua meliputi Edukasi yaitu sebagai sarana penjelasan sikap, memberi pengetahuan ke publik. Serta yang ketiga menjadikan media sebagai Alat Advokasi Alternatif yaitu dalam hal non litigasi yang mampu mempengaruhi kebijakan yang merugikan kaum buruh.

Pelatihan yang dihadiri oleh beberapa perwakilan pekerja anggota FSPMI se Kabupaten Deli Serdang ini dilanjut dengan membentuk Infokom KC FSPMI se Deli serdang di ujung materi Media Kampanye.

Tepat pada pukul 18:00 wib sehabis sesi tanya jawab peserta dan pemateri, sesi photo bersama di ruangan rapat sekretariat KC FSPMI Kab. Deli serdang menjadi tanda bahwa telah selesainya pelatihan dasar Media dan Organising KC FSPMI Kabupaten Deli Serdang.

Pos terkait