Masuk Musim Pancaroba, Waspadai Angin Puting Beliung

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Prakiraan cuaca dan hari ini, Jumat (16/10/2020), dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ada potensi hujan ringan hingga sedang bahkan lebat yang terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat antara sore hingga malam hari.

Wilayah Jawa Barat dan wilayah Pantura bagian barat-tengah sisi selatan. Sementara itu di laman prakiraan cuaca juga memperlihatkan sebagian besar wilayah di Jawa Barat berpotensi mengalami hujan ringan-sedang pada malam hari.

Suhu udara berkisar antara 21 dan mencapai 35 derajat Celcius. Kelembaban udara di seluruh wilayah berkisar antara 45 hingga 95 persen.Sebagai informasi, BMKG sendiri telah mengeluarkan informasi prakiraan awal musim hujan tahun 2020 dan masa peralihan dari kemarau ke penghujan.

”Diprediksikan bahwa sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode awal musim hujan mulai akhir bulan Oktober-Nopember 2020,” ungkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Selasa (22/9/2020).

“Selama bulan September-Oktober 2020 ini, periode peralihan musim (pancaroba) dari kemarau ke penghujan masih berlangsung di beberapa wilayah Indonesia di mana kondisi hujan tidak merata dapat terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan bahwa masyarakat perlu mewaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es.

Pun demikian yang terjadi di Perum Asri Pratama, Sukadami, Cikarang Selatan, Bekasi pada Jum’at, (16/10/2020), ada beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan akibat angin kencang sore ini. Selain rumah warga juga ada fasilitas umum, pohon tumbang dan kabel atau jaringan listrik mengalami kerusakan, jelas Badrul.

“Asbes terbang melayang-layang menghantam genteng rumah warga bahkan sampai menancap pintu rumah warga,” ujarnya. (Yanto)