Massa Aksi di Kemnaker Saling Dorong dengan Polisi

Jakarta, KPonline – Massa aksi buruh di depan Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terlibat aksi saling dorong dengan aparat keamanan.

Berawal dari ketidakpuasan buruh PT Smelting terhadap kinerja pemerintah. Dalam hal ini Kemnaker RI yang dinilai lambat dalam menyikapi permasalahan buruh di PT. Smelting.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana diketahui, buruh PT Smelting sudah hampir 5 minggu bertahan di Jakarta. Mereka mengadukan permasalahan perburuhan yang mereka hadapi, etapi sampai saat ini terkesan belum ada kejelasan akan kepastian nasibnya.

Massa aksi FSPMI di Kemnaker saling dorong dengan polisi, Jumat (16/6/2017).

Karena itu, buruh PT Smelting bergerak maju sehingga menutupi Jalan Gatot Subroto di depan gedung Kemnaker RI. Langkah ini adalah untuk melampiaskan kekecewaan mereka. Sekaligus untuk meminta pihak pemerintah melakukan langkah pasti, mendesak pemerintah untuk “memanggil paksa”Direktur PT Smelting.

Aparat kepolisian yang berjaga bereaksi. Sempat terjadi insiden saling dorong, tendang, dan pukul. Beberapa orang dari masa aksi sempat diseret hendak diamankan oleh pihak kepolisian.
Tetapi hal itu tidak terjadi karna pihak buruh akhirnya membuka jalur jalan Gatot Subroto Jakarta.

Situasi mulai kondusif setelah beberapa pimpinan buruh yang berada di tempat kejadian menenangkan mereka.

Buruh menegaskan akan tetap bertahan di depan Kemnaker RI.

Penulis: RD. Rizal N

Pos terkait