KSPI Desak Pemerintah Menurunkan Harga Bahan Pokok

  • Whatsapp
Presiden FSPMI dan KSPI Said Iqbal

Jakarta, KPonline – Buruh mendesak pemerintah agar menurunkan harga bahan pokok yang sudah sangat mahal dan memberatkan masyarakat di bulan Ramadhan. Terutama harga telur, minyak goreng, bawang, ayam, gula, dan daging. Kenaikan harga-harga ini mengakibatkan daya beli buruh turun hingga 20% padahal gaji buruh tidak ada kenaikan.

Peryataan tersebut disampaikan Presiden KSPI Said Iqbal. Menurut Iqbal, buruh berharap pemerintah jangan hanya “omong doang” dengan memberi harapan semu seperti janji menurunkan harga daging menjadi Rp 80 ribu/kg dan harga bahan pokok sudah turun 5,5% bahkan gubernur DKI Jakarta berani mengatakan harga daging di DKI Jakarta menjadi Rp 39 ribu/kg.

Semua ini adalah “bohong” karena fakta dilapangan tidak seperti itu. Bahkan telur yang selama ini menjadi menu utama buruh karena murah pun sekarang menjadi mahal. Oleh karena itu buruh mengusulkan untuk menekan harga-harga tersebut, selain melakukan operasi pasar, juga memberantas mafia pangan dan menaikkan upah buruh menjadi layak dengan menaikan upah min 2017 sebesar Rp 650 ribu agar daya belinya meningkat.