Komite Perempuan IndustriAll Sambangi PUK SPEE FSPMI Omron, Ini Loh yang Mereka Bahas

Bekasi, KPonline – Anggota Pleno Komite Perempuan IndustriALL Indonesia Council di bawah kordinasi Endang dan Indah Saptorini selaku project kordinator IndustriALL melakukan kunjungan kerja kepada PUK SPEE FSPMI PT Omron Indonesia.

Kunjungan ini disambut oleh pengurus bidang perempuan serta pengurus PUK SPEE FSPMI lainnya. Termasuk Ketua PUK SPEE FSPMI PT Omron yaitu Timbul Handriyanto.

Bacaan Lainnya

Tema kunjungan dalam hal ini adalah terkait sharing dan diskusi pengalaman terkait keberhasilan PUK SPEE FSMI PT Omron dan Management menyepakati 14 Minggu Cuti Melahirkan dan memasukanya dalam Perjanjian Kerja Bersama.

Dalam sambutanya ketua PUK SPEE FSPMI PT Omron menyampaikan terimakasih atas kunjungan dari Komite Perempuan IndustriAll dan menceritakan proses awal pengajuan cuti melahirkan 14 minggu dari mulai menyampaikan wacana melalui perundingan informal dengan management, melakukan pengumpulan data hingga pembentukan tim perumus dan perunding PKB. Timbul juga menyampaikan bahwa keberhasilan ini merupakan kerjasama semua pihak baik management dan serikat pekerja.


“Melalui diskusi yang panjang, alhamdulillah kami sudah berhasil memasukkan 14 cuti melahirkan dalam PKB. Memang perlindungan pekerja perempuan menjadi prioritas pada perundingan PKB terakhir dan alhamdullilah berhasil tercapai,” ujarnya.

“Pekerjaan rumah berikutnya adalah menanamkan kesadaran kepada anggota untuk berani menggunakan hak yang mereka dapat seperti cuti haid, asuransi untuk suami dan lainya,” tambahnya.

Sementara Indah dari Komite Perempuan IndustriAll menyatakan apresiasi atas sambutan hangat yang diberikan oleh PUK Omron dan menyampaikan tujuan kedatangan serta rencana memasukan keberhasilan PUK SPEE FSPMI PT Omron kedalam Buku Panduan IndustriAll sebagai referensi serikat pekerja lainya.

“Kami ingin mempelajari lebih dalam proses tercapainya kesepakatan 14 minggu cuti melahirkan karena selama ini isu perempuan seperti cuti melahirkan dan lainnya belum menjadi prioritas dan kalah dengan isu upah dan bonus,” jelasnya

Acara kemudian dilanjut dengan perkenalan lalu diskusi intensif terkait proses perundingan dan hal hal teknis lainnya.

Setelah sesi diskusi acara kemudian di lanjutkan dengan kunjungan ke ruang laktasi, kantin dan Sport Hall PT Omron yang menjadi tempat Recreation Center yaitu beruapa ruang perpustakaan, ruang musik, termasuk ruang fitnes.

Dalam kesempatan ini juga perwakilan Komite IndustriAll juga menyampaikan apresiasi kepada pihak management atas kerjasamanya dalam membina hubungan industrial hinga tercapainya kesepakatan cuti melahirkan 14 minggu dan semoga bisa menjadi inspirasi perusahaan lain.

Pos terkait