Ketua PC SPAI FSPMI DKI: “Kami Siap Bertanggungjawab dan Berjuang Bersama Hingga Menang”

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – Kontributor Koran Perdjoeangan DKI berkesempatan melakukan wawancara dengan Kardinal, Ketua PC SPAI FSPMI DKI Jakarta pada jumat siang (31/8)

Kardinal bercerita paska di kepungnya manajemen PT. FNG oleh massa aksi selama 8 jam pada senin lalu (27/8) manejemen PT. FNG mengancam akan melaporkan hal itu dengan dugaan penyanderaan. Namun demikian, Ketua PC SPAI Kardinal mengatakan pihaknya juga bisa melaporkan balik manajemen PT. FNG ke Polda Metro Jaya pemberangusan serikat pekerja (Pengurus beserta anggota PUK SPAI FSPMI PT.FNG).

Kardinal juga menyampaikan bahwa pada saat senin malam terjadi pertemuan antara perwakilan manajemen dengan PUK PT. FNG, PC SPAI, yang di fasilitasi dan disaksikan pihak Kapolres Jakarta Timur, Kasat Intel, Kasat Reskrim, Kapolsek Cakung dan jajarannya di lokasi pabrik (hingga larut malam) menghasilkan kesepakatan tertulis bahwa pihak manejemen menjanjikan akan bertemu dengan perwakilan serikat yang akan dihadiri pihak pengawas sudinaker Jakarta Timur.

Namun pada esok pagi pihak manajemen ingkar janji dengan alasan takut keamanannya tidak terjamin karena sebelumnya merasa tersandera oleh 282 pekerja yg terPHK sepihak. Bahkan pihak kepolisian dan pengawas ketenagakerjaan Suku Dinas ketenagakerjaan Jakarta Timur yang sudah datang di lokasi saat akan terjadi pertemuan lanjutan itu, merasa di dipermainkan karena ketidakhadiran perwakilan manajemen.

“PT. The First Nasional Glasware (PT. FNG) itu perusahaan keluarga, berdiri tahun 1971 salah satu perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang memproduksi barang barang rumah tangga dari bahan gelas, piring, mangkok dan lain lain.” papar Ketua PC SPAI FSPMI DKI ini.

“PHK sepihak adalah kejahatan kemanusiaan ini merupakan keputusan politik harus di lawan sekeras kerasnya karena ini menyangkut hidup mati kaum buruh.” jelasnya.

“Saya Kardinal sebagai Ketua PC AI FSPMI DKI Jakarta beserta jajaran siap bertanggung jawab dan berjuang bersama sama hingga dibatalkan atau di cabut keputusan PHK sepihak 282 pengurus dan anggota PUK SPAI FSPMI PT. FNG DKI Jakarta.” ujar Kardinal kepada Koran Perdjoeangan.

“Setelah hari ke empat aksi perihal penolakan PHK sepihak 282 pengurus dan anggota PUK PT. FNG yang berlokasi di Kawasan Industri Pulogadung ini masih akan berlanjut hingga satu bulan ke depan.” pungkasnya. (RJ).