Keluarga Iman Sudrajat Gelar Tasyakuran Atas Nikmat dan Keberkahan Dengan Buka Puasa Bersama

Bekasi, KPonline – Sebagai rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT, Keluarga Iman Sudrajat menggelar acara tasyakuran yang dikemas buka puasa bersama di gang Meranti XI RT.003 Asri Pratama, Desa Sukadami kecamatan Cikarang Selatan Bekasi, pada Sabtu, 23 Maret 2024.

Tasyakuran yang dilakukan dikemas dalam acara buka bersama untuk mengucapkan rasa syukur, bersyukur atas berkah usia perkawinan (Happy Wedding Anniversary ke 22 tahun) saudari Ika & Lizam. Selain itu juga untuk ucapan syukur yang lainnya yang telah diterima hingga saat ini terlebih kesehatan dan umur panjang.

Hadir dalam acara tasyakuran kali ini adalah K.H. Ismet Saputra sekaligus sebagai penceramah, warga gang Meranti XI RT.003 Asri Pratama, pengurus RW.08 Asri Pratama dan sanak saudara yang ada di Bekasi.

“Acara buka puasa ini kami lakukan sebagai syukur atas nikmat yang keluarga kami terima selama ini, atas kesehatan dan umur panjang,” kata Iman Sudrajat.

Sementara KH.Ismet Saputra dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa tasyakuran atau tasyakur adalah kegiatan yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk memanjatkan rasa syukur atau terima kasih kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, karena mendapatkan nikmat atau keberkahan hidup.

Selanjutnya KH. Ismet Saputra menyampaikan bahwa surga menyimpan segala macam kenikmatan yang jauh berkali-kali lipat dari kenikmatan dunia. Surga adalah balasan bagi orang-orang  yang beriman dan senantiasa taat kepada-Nya.

Sejatinya surga bukanlah sekedar nama yang mewakili tempat tertentu.Karena surga  merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT, sebagaimana alam semesta dan seisinya. 

“Barangsiapa meminta surga kepada Allah sebanyak tiga kali, maka surga akan berkata, ‘Ya Allah masukkan dia ke dalam surga.’ Dan barangsiapa meminta dijauhkan dari neraka, maka neraka berkata, ‘Ya Allah, jauhkan dia dari neraka”

Lantas, golongan manusia seperti apakah yang dirindukan oleh surga?

KH. Ismet Saputra menjelaskan, ada 4 golongan manusia yang sangat dirindukan surga Allah SWT. Dari hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya “Surga merindukan empat golongan: orang yang membaca Al Quran, menjaga lisan (ucapan), memberi makan orang lapar, dan puasa di bulan Ramadhan” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

1. Golongan pertama adalah orang-orang yang lisannya senantiasa digunakan untuk membaca kalam Allah SWT (Al Qur’an) setiap waktu dan kesempatan yang ada.

2. Golongan kedua merupakan orang yang selalu menjaga lisannya dari berkata kotor, mencaci-maki, dan menghujat. Golongan ini termasuk orang-orang yang beriman.

3. Golongan ketiga adalah orang yang memberi makan terhadap orang yang kelaparan.

Golongan ini merupakan orang yang senantiasa membantu orang yang membutuhkan. Allah SWT akan membalas kebaikan yang dilakukan oleh hambanya. Bahkan, kelak di hari kiamat Allah SWT akan memberikan makan dari buah-buahan surga.Apalagi di bulan puasa ini pahala kita akan dilipatgandakan Allah SWT.

4. Golongan keempat adalah orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadan

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda yang artinya : Golongan keempat adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. Golongan ini adalah orang yang senantiasa menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan.

“Maka, bersyukurlah bagi mereka yang senantiasa melaksanakan puasa Ramadan. Kehadiran mereka dirindukan oleh surga. Allah SWT juga telah menyediakan pintu surga bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa,” pungkas KH.Ismet Saputra.

Acara diakhiri dengan buka puasa bersa dan ramah tamah. (Yanto)