Jelang Penetapan UMK 2021, FSPMI Jepara Adakan Survei KHL

  • Whatsapp

Jepara, KPonline – Mendekati bulan penetapan upah minimum kota/kabupaten (UMK) buruh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) kabupaten Jepara melakukan giat survei kebutuhan hidup layak (KHL), Sabtu (29/8/2020).

Survei KHL mereka lakukan pada empat pasar yang ada di kabupaten Jepara yakni pasar Kalinyamatan, pasar Welahan, pasar Mlonggo dan pasar Bangsri.

Bacaan Lainnya

Hasil angka survei KHL yang dilakukan oleh buruh akan dijadikan salah satu dasar atau patokan dalam penetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2021.

Dalam survei KHL terdapat 60 komponen yang dijadikan senagai acuan dan telah tertuang dalam regulasi yang berlaku tentang penetapan KHL. Sebanyak 60 komponen tersebut meliputi minuman, makanan, sandang, perumahan, fasilitas pendidikan, transportasi, kesehatan serta kebutuhan rekreasi.

“Ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar kita dalam memperjuangkan upah minimum (UMK) Jepara di tahun 2021,” ucap Aziz salah seorang buruh yang ikut dalam giat survei KHL.

“Tujuan kita melakukan survei yakni untuk mengetahui kebutuhan seperti apa yang diperlukan menuju kehidupan layak seorang buruh,” imbuh Aziz.

Angga Bagus yang menjadi koordinator pelaksana survei hari ini mengatakan memang dalam PP No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan menyebutkan bahwa kenaikan upah minimum ditentukan melalui formula UMK tahun berjalan ditambah inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional. Meski demikian kita (buruh) tetap berusaha memperjuangkan supaya UMK 2021 masuk ke dalam kategori layak sesuai survei KHL.

“Kita berusaha memperjuangkan supaya UMK 2021 sesuai angka survei KHL. Karena angka yang kita dapat merupakan angka riil dari pedagang yang ada di pasar. Jadi bukan tanpa alasan kita meminta besaran UMK Jepara 2021. Hasil survei ini yang kita jadikan salah satu acuan,” ucap Angga Bagus.

“Hasil survei KHL hari ini, Insyaallah akan segera kita lakukan proses input. Sehingga dapat diketahui besaran angka UMK Jepara yang layak,” imbuh Angga Bagus. (Ded)

Pos terkait