Jamkeswatch Bekasi dan Masyarakat Sumber Jaya Gelar Aksi Donor Darah Demi Kemanusiaan

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Kegiatan donor darah yang dilakukan tokoh masyarakat Sumber Jaya, Tambun, Bekasi disambut antusiasme oleh para pendonor. Keterlibatan Jamkeswatch Bekasi dalam agenda ini mendapatkan apresiasi langsung dari pihak PMI Kabupaten Bekasi.

Kegiatan donor darah yang bertajuk “Merawat Kehidupan Menguatkan Yang Rapuh” sangat membawa arti untuk para penderita Thalassaemia yang selama ini berjuang untuk tetap bertahan hidup.

Bacaan Lainnya

Minimnya stok darah terkadang membuat PMI ataupun keluarga pasien harus berfikir keras, bagaimana caranya untuk mendapatkan darah yang sesuai dengan yang dibutuhkan pasien, apalagi dalam masa Pandemi Covid-19.

Agenda donor darah ini dilaksanakan di aula rumah tokoh masyarakat H. Saiful Nyamat (belakang Indomart Perum Koperindag Sumber Jaya) pada Minggu (7/6/2020).

Dalam acara tersebut bukan hanya sebatas donor darah saja yang dilakukan, namun untuk konsultasi terkait BPJS, dan konsultasi seputar kesehatan pun dibuka untuk umum.

Panitia penyelenggara sengaja membuat konsep tersebut dimana para pendonor pun juga diberikan makanan dan minuman serta souvenir yang sudah disiapkan.

Hasanudin salah satu panitia menjelaskan adanya kegiatan donor darah yang dilakukan tiada lain adalah sebagai bentuk kepedulian untuk warga Kabupaten Bekasi yang membutuhkan darah.

“Kita mencoba membantu stok darah yang ada di PMI karena saat ini ketersedian darah sangat minim. Sebelumnya di beberapa tempat memang sudah dilaksanakan juga, namun hal ini alangkah lebih bagusnya kita lakukan lagi,” terang Hasanudin.

Menurut dia, darah yang sudah terkumpul akan diserahkan langsung ke PMI Kabupaten Bekasi guna untuk membantu para penderita Thalassaemia yang selama ini membutuhkan.

Pernyataan senada disampaikan oleh Irman, salah satu relawan Jamkeswatch Bekasi, dimana ketersedian darah menurutnya sangat terbatas. Rasa keprihatinannya di lapangan kerap kali ditemukan saat mengadvokasi pasien di Rumah Sakit.

“Aksi kegiatan ini sangat membantu, setetes darah yang disalurkan oleh pendonor bisa membantu menyelamatkan hidup orang banyak. Target kuota Insya Allah 200 pendonor bisa terlaksana dengan lancar tanpa ada halangan apa pun,” jelas pria yang sering membantu advokasi pasien di Rumah Sakit ini.

Sementara itu antusias warga sekitar terpantau ramai dalam terlaksananya agenda tersebut. Di sisi lain, selain mengadakan konsultasi kesehatan, panitia sengaja menyiapkan organ tunggal untuk menghibur para pendonor yang sengaja hadir untuk melakukan aksi sosial kemanusiaan berupa donor darah. (Jhole)

Pos terkait