ILO Minta Organisasi Buruh Berperan Dalam Krisis COVID-19

  • Whatsapp

Jakarta,KPonline – Dunia kerja sedang sangat dipengaruhi oleh pandemi virus global. Selain ancaman terhadap kesehatan masyarakat, gangguan ekonomi dan sosial mengancam mata pencaharian jangka panjang dan kesejahteraan jutaan orang. Karenanya ILO mengatakan bahwa ILO dan konstituennya – Pemerintah, pekerja dan pengusaha – akan memainkan peran penting dalam memerangi wabah, memastikan keselamatan individu dan keberlanjutan bisnis dan pekerjaan.

Apa yang bisa dilakukan pekerja?

Berita Lainnya

Dialog sosial yang efisien di semua tingkatan sangat penting untuk tindakan cepat dan efektif.

Organisasi pekerja dapat memainkan peran penting dalam berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dan respons kebijakan terhadap krisis pada COVID-19.

Mereka dapat berkontribusi pada pencegahan dan perlindungan pekerja dengan memberikan informasi yang andal. Organisasi pekerja dapat mempromosikan solidaritas dan non-diskriminasi / stigmatisasi terhadap pekerja dan orang sakit.

Karenanya praktik kebersihan tempat kerja yang baik sangat penting, misalnya mencuci tangan secara teratur, menggunakan sanitiser tangan dan permukaan.

Hindari menyentuh wajah Anda, tutup mulut saat batuk atau bersin. Jika Anda merasa tidak sehat, isolasi sendiri dan cari bantuan medis.

Dorong perilaku yang bertanggung jawab, bekerja sama dengan langkah-langkah respons dan tetap tenang.

Apa yang bisa dilakukan Pengusaha?

Pantau saran yang diberikan oleh otoritas nasional dan lokal, termasuk pengaturan kerja, dan komunikasikan informasi penting kepada tenaga kerja.

Menilai potensi risiko gangguan bisnis.

Tinjau atau buat rencana kesinambungan bisnis yang konsisten dengan pedoman yang ditawarkan oleh otoritas nasional dan lokal untuk meningkatkan ketahanan bisnis dan mendukung pekerja dan keluarga mereka.

Identifikasi dan mitigasi risiko terhadap pekerja dan orang lain yang terhubung ke tempat kerja yang timbul dari paparan COVID-19.

Mempromosikan kebersihan tempat kerja dan menerapkan prinsip-prinsip jarak sosial di tempat kerja; menilai kewajiban bisnis untuk kompensasi pekerja, khususnya di sektor-sektor dengan paparan terkait kerja yang tinggi terhadap COVID-19.

Mencari saran dan dukungan dari perusahaan dan organisasi keanggotaan bisnis yang dapat menyalurkan keprihatinan kepada pemerintah dan membentuk langkah-langkah kebijakan yang kondusif untuk ketahanan dan keberlanjutan bisnis

Pos terkait