Garda Metal FSPMI Bekasi Area EJIP Adakan Jambore 2

Bekasi, KPonline – Setelah sukses dengan Jambore 1 di Ranca Upas, Bandung pada 5 – 6 Agustus 2017 lalu, Garda Metal FSPMI Kab/Kota Bekasi area Kawasan Industri EJIP kembali melaksanakan kegiatan Jambore yg ke 2 kalinya di Taman Wisata Alam Capolaga, Subang, Jawa Barat, pada Sabtu – Minggu (22 – 23 September 2018).

Jambore kali ini mengambil tema “Jiwa harus dibangunkan, keberanian harus dihidupkan, motivasi harus dibentuk, karena Garda Metal adalah jiwa pejuang”.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan kegiatan tersebut adalah sebagai wujud salah satu program kerja Kepengurusan Garda Metal FSPMI Kab/Kota Bekasi Area EJIP dan pelaksanaan agenda tersebut dijadikan kegiatan rutin setiap tahun.

Selain itu dengan didasari pemikiran bahwa organisasi bisa kuat karena rasa solidaritas dan kepedulian diantara anggota maupun pengurusnya juga harus kuat, sehingga dalam pelaksanaan setiap kegiatan dan intruksi organisasi akan berjalan dengan baik sehingga kelangsungan organisasi akan mampu bertahan sampai waktu yang tidak bisa ditentukan.

Kegiatan Jambore 2 ini dilaksanakan dengan tujuan :

1. Mempererat tali persaudaraan diantara Anggota Garda Metal Area EJIP maupun dengan Pengurus Garda Metal Nasional dan Daerah.

2. Pengembangan kaderisasi di Kepengurusan Garda Metal Area EJIP.

3. Memupuk kecintaan anggota terhadap organisasi.

4. Menjaga keaktifan Anggota Garda Metal Area EJIP.

5. Menjaga rasa kepedulian antara anggota Garda Metal Area EJIP dan Pengurus PUK masing-masing.

Jumlah peserta Jambore 2 tersebut mencapai ratusan orang yang berasal dari berbagai PUK FSPMI tentunya PUK- PUK yang berada di kawasan Industri EJIP. Ada yang berasal dari PUK SPAMK, Elektronik Elektronik, Logam dan Sektor Aneka Industri.

Selain peserta, pengurus dan panitia, kegiatan tersebut juga dihadiri para tamu undangan baik dari Pengurus Garda Metal Nasional, daerah dan para Pengurus Koordinator Area Garda Metal Kawasan Industri yg ada di Kab/Kota Bekasi. Hadir juga Obon Tabroni selaku Deputi Presiden FSPMI sekaligus Pembina Garda Metal.

Acara Jambore 2 dimulai tanggal 22 September 2018. Peserta mulai berdatangan di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB, dengan menggunakan mobil truk komando dari TNI.

Setibanya di tempat acara seluruh peserta berkumpul di salah satu halaman yang cukup luas untuk mendengarkan instruksi dan pengarahan yang disampaikan panitia. Semua peserta harus mengetahui tata tertib serta susunan acara yg akan dilaksanakan sampai acara berakhir 23 September 2018.

Setelah mendapatkan pengarahan dari panitia, beberapa menit kemudian peserta diarahkan menuju tenda-tenda yang sudah disediakan oleh panitia pelaksana kegiatan. Para peserta meletakan peralatan pribadi ditenda, kemudian melaksanakan ibadah sholat dzuhur bagi yg beragama Islam.

Pada pukul 13.00 – 15.30 WIB, mulai susunan acara Jambore 2 yaitu pembukaan dan diskusi organisasi dan beberapa tahapan susunan acara kegiatan. Tentunya dalam acara kegiatan tersebut ada acara yang sangat istimewa yaitu kegiatan api unggun. Dikatakan istimewa karena pada kegiatan tersebut seluruh peserta dan tamu undangan duduk bersila melingkari api unggun di suatu tempat halaman luas dengan khidmat dan penuh rasa persaudaraan.

Dalam kesempatan acara api unggun beberapa tamu undangan mengisi acara, seperti Obon Tabroni, Baris Silitonga, Isnaeni Marjuki, Muhamad Nur Fahroji yg akrab biasa di panggil Bang Oji juga Bang Max selaku Sekjend Garda Metal Daerah Kab/Kota Bekasi.

Inti dari pesan yang disampaikan buat para peserta Jambore 2 adalah sebagai anggota Garda Metal yang merupakan pilar utama organisasi FSPMI harus tetap bergerak demi kaum pekerja, karena perjuangan ke depan semakin berat menghadapi kebijakan-kebijakan yang di buat pemerintah semakin tidak pro pekerja/buruh.

Baris Silitonga selaku Koordinator Nasional Garda Metal menyampaikan beberapa pesan penting kepada semua peserta.

“Pilar ini harus tetap tegak berdiri. Tetap semangat kawan-kawan.Tetap rangkul kawan-kawan Garda Metal yang lain. Ramaikan kembali Omah Buruh kita yang ada di kawasan Industri EJIP,¬† jadikan Omah Buruh tempat kita belajar. Karena kalau bukan kita Garda Metal Kab/Kota Bekasi terutama Garda Metal Area EJIP siapa lagi, bisa-bisa Omah Buruh/OB bakal jadi museum,”pungkas Baris.

Pada kesempatan tersebut pula pada hari kedua dalam susunan kegiatan, ada kegiatan evaluasi & penutupan sebelum persiapan pulang yaitu sekitar pukul 09.30 sampai pukul 10.30 WIB.

Koordinator Garda Metal Area EJIP  Agus Mustain yang lebih akrab dipanggil Bang Kenyot mengisi acara sekaligus penutupan. Selain itu Agus Mustain juga memberikan kesempatan kepada Vanda Mardian selaku Sekretaris Kordinator Garda Metal Area EJIP untuk menyampaikan sepatah dua patah kata terkait dirinya yang mengemban tugas organisasi untuk menjadi anggota Legislatif DPRD yang direkomendasikan FSPMI/KSPI diwilayah Daerah Pemilihan 1 Kabupaten Sukabumi.

Vanda Mardian menyampaikan dengan penuh semangat dan menyatakan siap melaksanakan tugas organisasi yaitu buruh go politik. Ia juga membagikan  pengalaman dari mulai bekerja ditempat kerja saat ini sekitar 15 tahun.

Setelah rangkaian acara kegiatan Jambore sampai pada penutupan kemudian seluruh peserta melakukan persiapan untuk pulang sekitar pukul 12 dan acara Jambore 2 pun dinyatakan selesai.

Penulis : Iksan Core

Pos terkait