Garda Metal Batam Adakan Buka Puasa Bersama PUK SPAI FSPMI PT. Tai Cheng

  • Whatsapp

Batam,KPonline – Sore ini terlihat berbeda. Di depan PT. Tai Cheng, tempat dilaksanakannya mogok kerja yang dilakukan oleh PUK SPAI FSPMI PT. Tai Cheng nampak ramai. Perusahaan yang berada di wilayah Sekupang itu kedatangan Garda Metal dan perangkat Konsulat Cabang FSPMI Kota Batam, Sabtu (19/05/2018).

Garda Metal Daerah Kota Batam bersolidaritas untuk pekerja PT Tai Cheng yang sedangkan melakukan mogok kerja. Mereka bertekad melakukan mogok kerja hingga tuntutannya dipenuhi. Dalam surat pemberitahuan mogok kerja  tertulis, mereka akan melakukannya selama 3 bulan.

Bacaan Lainnya

Mogok kerja buruh PT Tai Cheng membawa tuntutan, sebagai berikut:

Pertama, tindak tegas oknum security yang melakukan tindakan kekerasan kepada salah satu anggota FSPMI.

Kedua, tindak tegas oknum management yang memerintahkan pengusiran dengan kekerasan kepada karyawan.

Ketiga, pekerjakan kembali Pekerja yang di PHK dan diangkat karyawan kontrak menjadi karyawan tetap.

Momentum bulan Ramadhan ini juga dimanfaatkan untuk berbuka puasa bersama dengan buruh PT. Tai Cheng yang melakukan mogok kerja.

Sebelum tiba saat berbuka puasa, diselenggarakan diskusi. Diawali dengan pemaparan dari perwakilan dari Garda Metal Kota Batam Rahmat Munthe yang sekaligus Ketua Divisi Organisasi GM Kota Batam.

“Kami anggota Garda Metal siap mensupport dan mendukung perjuangan kawan-kawan Tai Cheng. Kawan- kawan Tai Cheng yang melakukan mogok kerja harus tetap semangat. Dengan semangat bulan puasa ini, semoga kawan-kawan diberi keberkahan serta apa yang menjadi tuntutan kawan-kawan Tai Cheng segera terpenuhi”, ungkap Rahmat.

Selanjut, giliran Ketua PUK SPAI FSPMI PT. Tai Cheng Yopie Octavianus menyampaikan sepatah dua patah kata.

“Saya mewakili anggota kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada organisasi dan kawan-kawan Garda Metal atas solidaritas serta supportnya kepada kami yang melakukan mogok kerja. Ini menjadi penyemangat kami dalam melakukan perjuangan,” ucapnya.

Sebelum masuk waktu berbuka puasa, ditutup sambutan oleh Sekretaris Konsulat Cabang FSPMI Batam, Andy Saputra.

“Kami dari organisasi berterimakasih atas solidaritas dan support Garda Metal Kota Batam. Organisasi akan menaikkan eskalasi perjuangan kawan-kawan Tai Cheng dengan salah satunya akan dilaksanakan unjuk rasa besar-besaran. Walaupun dalam suasana bulan puasa semoga kawan-kawan Tai Cheng tetap semangat,” kata Andy dalam sambutannya.

Saat waktu berbuka puasa masuk, mereka bersama sama berbuka puasa bersama dan sekaligus mereka melakukan sholat Maghrib berjamaah. Setelah sholat Maghrib dilaksanakan secara berjamaah, anggota yang melakukan mogok kerja lanjut sharing dan diskusi dengan kawan-kawan Garda Metal.

Dalam diskusi ini salah satu Garda Metal Muhlidin yang akrab dipanggil Ozzo menyampaikan pengalamannya terkait mogok kerja dan yang pernah di PHK sekaligus pernah menjabat Ketua PUK FSPMI.

“Kawan-kawan harus terus jaga kekompakan dan semangat, khususnya kawan-kawan pengurus PUK lebih solid dan terus koordinasi dengan Pimpinan Cabang terkait dengan sikap dan strategi yang harus diambil dalam menyikapi mogok kerja kawan-kawan ini”, katanya

Dari pantauan tim Media Perdjoeangan Batam, sampai malam buruh-buruh anggota FSPMI terus hadir untuk memberikan support dan berkumpul di tenda perjuangan anggota PUK SPAI FSPMI PT. Tai Cheng. (Gusril Alizar )

Pos terkait