Bank Perkreditan Rakyat Persahabatan Gandeng Jamkeswatch Bekasi Adakan Sosialisasi BPJS

  • Whatsapp

Karawang, KPonline – Di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah, relawan Jamkeswatch Bekasi diantaranya Tholib, Samsul, Edoy, Kohar, dan Lena berkolaborasi dengan Bank perkreditan Rakyat (BPR) Persahabatan kantor Pusat, dan kantor Cabang Karawang.

Swiss-Belin Hotel Karawang digunakan sebagai tempat acara Sosialisasi BPJS kepada karyawan Bank perkreditan Rakyat (BPR) Persahabatan. Sebanyak 130 orang hadir dalam sosialisasi ini.

Karyawan BPR Persahabatan antusias menyikapi acara tersebut. Banyak Karyawan yang paham tentang BPJS Kesehatan.

“Dari saat awal masuk klinik atau saat menggunakan kartu BPJS saat amergency di rumah sakit. Mereka masih takut dan kadang enggan menggunakan BPJS. Karena mereka sering mengalami kejadian begitu menggunakan kartu BPJS masih ada uang yang dikeluarkan dari kocek pribadi karena ketidak pahaman mereka gimana cara menggunakan kartu BPJS,” kata Tholib.”

Dengan diluncurkannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 1 Januari 2014, memang masih terkesan perlu pembenahan dimana pasien-pasien diBPJS masih banyak terjadi. Temuan lapangan oleh relawan Jamkeswatch, masih ada pasien yang harus beli obat di luar, kamar penuh, ruangan intensif yang sulit ditemukan, dan sebagainya.

Regulasi juga minim disosialisasikan terhadap masyarakat. Sehingga mereka menjadi dirugikan akibat dari ketidakpahaman akan regulasi ada.

“Kami dari Jamkeswatch terbentuk dari sebuah organisasi serikat pekerja/serikat buruh KSPI FSPMI walau secara gamblang saya pribadi bukan lagi seorang buruh. Di Jamkeswatch pun tidak dibayar atau dapat gaji layaknya kawan-kawan karyawan di BPR Persahabatan yang setiap bulanya mendapatkan gaji. Ini jelas karena pemerintahan terkesan setengah hati dalam menjalankan jaminan kesehatan untuk rakyatnya yaitu program BPJS ini,” kata Edoy.

Bank perkreditan Rakyat Persahabatan tetap akan mensosialisasikan kepada seluruh karyawannya terkait dengan masalah BPJS yang akan tetap didampingi dengan Jamkeswatch dengan jadwal:

Jumat 18 Mei 2008 di Swiss-belin Hotel Karawang.

Jumat 25 mai 2018 di Styles ibis Hotel Jababeka-Cikarang.

Rabu 6 juni 2018 di Harfer hotel Purwakarta_

Rundown_ acara diantaranya Sosialisasi BPJS yang disampaikan oleh team jamkeswatch, tausiyah bersama ustad, ta’jil bareng, shalat maghrib berjama’ah, dan ditutup dengan makan malam bersama (Jhole).