FSPMI Karawang Temui Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Terkait Kasus Buruh PT Pindodeli Pulp and Paper Mills

FSPMI Karawang Temui Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Terkait Kasus Buruh PT Pindodeli Pulp and Paper Mills

Karawang, KPonline – Pimpinan Cabang SPAI FSPMI Karawang hari menghadiri undangan dari Balai Pelayanan dan Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Provinsi Jawa Barat di Grand Taruma Karawang terkait masalah yang sedang dihadapi oleh anggota PUK SPAI FSPMI PT. PINDODELI PULP AND PAPER MILLS yang sudah hampir 1 tahun tak kunjung usai, Rabu (16/05/2018)

Dalam undangan tersebut, turut hadir juga Pimpinan Pusat Bidang Advokasi SPAI FSPMI Nur Pahrozi yang sering disapa Bang Ozi, Ketua PC SPAI Karawang Rahmat Binsar dan bidang advokasi PC SPAI FSPMI Karawang Mustopa dan Tri Haryadi.

Undangan pun disampaikan  ke pihak Management PT. Pindodeli Pulp and Paper Mills dan Serikat Pekerja Kertas Pindodeli (SPKPD). Tetapi sangat disayangkan, pihak management dan SPKPD tidak hadir dalam undangan ini.

Pertemuan ini dilakukan di ruang Metting Lantai 3 Balai Pelayanan dan Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Provinsi Jawa Barat yang berada di Grand Taruma Karawang.

Adapun permasalahannya yaitu tentang potongan upah anggota PUK SPAI FSPMI PT. PINDODELI PULP AND PAPER MILLS oleh perusahaan sebagai iuran serikat pekerja untuk SPKPD. Karena perusahaan dan serikat SPKPD menganggap anggota PUK SPAI FSPMI PT. PINDO DELI masih menjadi anggota SPKPD.

Menurut Bang Ozi dan Rahmat Binsar, management dan SPKPD masuk ke dalam dugaan penggelapan uang karyawan dengan memotong upah tanpa surat kuasa dari karyawannya.

Untuk pemotongan iuran anggota serikat pekerja, serta menganggap seluruh pekerjanya sebagai anggota serikat pekerja SPKPD tanpa mengisi formulir pendaptaran sebagai anggota SPKPD hanya dengan memberikan pengumuman

Kesimpulan dari pertemuan ini, Balai Pelayanan dan Pengawasan akan menindaklanjuti permasalahan tersebut dengan memanggil management dan SPKPD untuk mengklarifikasi permasalahan tersebut. Jika management dan SPKPD tidak Kooperatif dalam pemanggilan tersebut maka pengawas akan mengeluarkan nota khusus.

(Lnd & Mstf)

Facebook Comments

Comments are closed.