FSPMI Karawang Gelar Aksi Solidaritas di PT Dongil Casting Tolak Dugaan Union Busting

Karawang, KPonline – Surat intruksi dari Pimpinan Cabang maupun Konsulat Cabang FSPMI Kabupaten Karawang sudah di sebar ke seluruh PUK FSPMI se-Kabupaten Karawang. Dari Kawasan Timur, Kawasan Tengah, dan Kawasan Barat berduyun-duyun untuk Aksi Solidaritas Pasca Mayday 2018 ke PT. Dongil Casting.

PT. Dongil Casting merupakan sebuah Perusahaan alat berat yang berada di Kawasan Surya Cipta Karawang telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak kepada pekerja tanpa alasan yang bisa diterima pekerja. Diduga adalah mengarah pada Union Busting.

Isi surat Instruksi aksi solidaritas diadakan 2 hari dari tanggal 3 dan 4 Mei 2018 hari kamis dan Jum’at. Yang hadir pada aksi solidaritas ke PUK SPAMK FSPMI PT. Dongil Casting hari pertama ini diperkirakan 300 Orang.

Berawal dari tanggal 15 Maret 2018 sekitar pukul 22.45 wib atas izin Sdr. DA selaku leader shift untuk memberikan informasi akan ada pelantikan pengurus PUK SPAMK FSPMI PT. Dongil Casting di kantor Konsulat Cabang (KC) FSPMI Kab. Karawang.

Pada hari yang sama, sekitar pukul 23.15 wib Sdr. AK selaku Calon Ketua PUK meminta izin kepada saudara AF selaku Foreman Departemen Finishing untuk meminta waktu memberikan informasi kepada karyawan yang telah mengisi formulir pendaftaran anggota, untuk hadir dipelantikan Pengurus PUK SPAMK FSPMI PT. Dongil Casting.

Kemudian pada tanggal 18 Maret 2018 telah dibentuk kepengurusan PUK SPAMK FSPMI PT. Dongil casting periode 2018-2021 dan dilantik oleh Pimpinan Cabang SPAMK FSPMI Kab. Karawang yang dihadiri 49 pekerja PT. Dongil Casting.

Pada tanggal 20 Maret 2018, Sdr. AK selaku Ketua PUK SPAMK HR-GAK PT. Dongil Casting saat shift 2 (dua) sekitar pukul 18.20 Wib dipanggil ke HR-GAMBAR meeting oleh pihak securty PT. Dongil Casting untuk menemui Sdr. Adk (Manager HR-GA) dan Sdr. Nrd (chief securty), kemudian saat itu pula Sdr. Adk memberikan surat prihal mutasi Sdr. Ak dari Departemen produksi ke Departemen HR-GA (bagian limbah) dengan alasan :

1. Breefing kepada karyawan pada jam kerja yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan.

2. Mengumpulkan karyawan diarea pabrik (kantin) pada jam kerja tanpa izin dari management. Padahal hal tersebut sudah izin dan telah disetujui oleh atasan.

Kemudian pada tanggal 22 maret 2018 PC SPAMK FSPMI Karawang, mengesahkan dan mengukuhkan pengurus PUK SPAMK FAPMI PT. Dongil Casting periode7 2018-2021 melalui surat keputusan Nomor Kep.021/SK/PC SPAMK-FSPMI/KRW/III/2018.

Lanjut pada tanggal 27 Maret 2018 mengirimkan surat dengan No:001/PUK/SPAMK-FSPMI/DC/III/2018 Perihal Pencatatan dan pemberitahuan susunan kepengurusan PUK SPAMK FSPMI PT. Dongil Casting ke Disnakertrans Kab. Karawang.

Bahwa pada tanggal 10 April 2018 telah diterima Tanda Bukti pencatatan PUK SPAMK FSPMI PT. Dongil Casting dari Kantor Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi karawang, Dengan Nomor Bukti Pencatatan : Penc. 568/2227/Hipk/IV/2018 tanggal 6 April 2018.

Pada tanggal 18 April 2018 PUK SPAMK FSPMI PT. Dongil Casting mengirimkan surat kepada pimpinan perusahaan PT. Dongil Casting perihal pemberitahuan telah terbentuknya PUK SPAMK FSPMI PT. Dongil Casting surat tersebut diterima oleh Sdr. JG selaku staff HRD.

Setelah itu pada tanggal 20 April 2018 sekitar pukul 15.30 wib, Sdr AK (ketua PUK) setelah pulang shift pagi dipanggil ke ruang meeting oleh Sdr. Nrd (Chief Securty) dan Sdr. AP (Mgr HRD) diruang meeting tersebut memberikan surat pemutusan hubungan kerja kepada sdr. AK dengan alasan karena telah membuat hubungan kerja yang tidak harmonis antar sesama pekerja, atasan maupun pihak perusahaan.

Pada shift pagi satu persatu pengurus PUK dipanggil ke ruang meeting oleh Sdr. JG (Staff HRD) di situlah Sdr. Ridwan dan Sdr Rafi diberikan surat pemutusan hubungan kerja dengan alasan PHK karena telah membuat hubungan kerja yang tidak harmonis antar sesama pekerja, atasan maupun pihak perusahaan.

Sama seperti Pengurus PUK lainnya pada waktu jam kerja shift sore sekitar pukul 16.30 wib sdr. RSMN, sdr. ASG, dan sdr. KSWR diberikan surat PHK dengan alasan sama seperti yang lainnya.

Kemudian Pada tanggal 21 April 2018 berdasarkan surat Pemutusan Hubungan Kerja sepihak oleh pihak PT. Dongil Casting kepada Sdr. Ak, Rdwn, mr, Rsmn, Asg dan Kswr yang kesemuanya jumlah 6 orng yaitu pengurus PUK SPAMK FSPMI PT. Dongil Casting.

Maka untuk menyelesaikan permasalahan hubungan industrial tersebut Pimpinan Cabang SPAMK FSPMI Kab Karawang  mengirimkan surat kepada Pimpinan Perusahaan perihal ajakan berunding pada hari senin 23 April 2018 di PT. Dongil Casting.

Hasil perundingan pada tanggal 23 April 2018 belum ada kepastian dan kesepakatan, hanya saja dari kuasa hukum PT. Dongil Casting akan menyampaikan pernyataan dari PC AMK FSPMI Kab. Karawang dan PUK SPAMK PT. Dongil Casting perihal harusnya dipekerjakan kembali yang telah di PHK sepihak oleh management PT. Dongil Casting.

Setelah mengetahui kronologis tersebut, maka Sikap Pimpinan Cabang SPAMK FSPMI Kabupaten Karawang ke depan nya apabila PT. Dongil Casting memberikan jawaban nya tidak sesuai keinginanan PC AMK FSPMI Karawang maka Pengusaha PT. Dongil Casting yang diduga telah melanggar pidana akan di laporkan kepada Kepolisian. Maka hari ini dan besok kami akan melakukan aksi, seluruh anggota FSPMI akan kami kerahkan untuk melawan Kedzoliman yang di lakukan oleh pihak PT. Dongil Casting

(Hsn)