FSPMI Berpartisipasi Membersihkan Sungai Citarum

  • Whatsapp

Bandung, KPonline – FSPMI ikut dalam kerja bakti dan buka bersama dalam Program Citarum Harum. Program ini dipimpin oleh Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara.

Program Citarum Harum digelorakan kembali untuk memulihkan kebersihan sungai terpanjang di Jawa Barat ini. Konsep dan gagasan hampir sama dengan program program terdahulu. Hanya saja, lebih terintegritas karena di bawah langsung Pemerintah pusat.

Adapun rangkaian kegiatan sebagai berikut, Pukul 15.00 WIB bertempat di Lapangan Parkir Al-Irsyad (Jonas Photo) Kota Baru Parahyangan Kec. Padalarang Kab. Bandung Barat telah dilaksanakan Apel kesiapan kerja bakti.

Pukul 16.00 WIB bertempat di Tatar Pitaloka Parahyangan Kec. Padalarang Kab. Bandung Barat telah dilaksanakan kegiatan kerja bakti. Pukul 17.30 WIB bertempat di Tatar Pitaloka Parahyangan Kec. Padalarang Kab. Bandung Barat telah dilaksanakan kegiatan buka bersama.

Dalam sambutannya, Kapolres Cimahi berharap program ini menorehkan hasil yang lebih baik. Misalnya, meminimalisir sampah Citarum serta membangun kultur warga sadar lingkungan.

“Kita sama-sama wujudkan kebersihan dan kesehatan diwilayah kita dengan cara membersihkan sungai Citarum serta menunjukan kepedulian kita terhadap lingkungan. Kita bekerja bersama sama, diharapkan kita semua dapat bekerja dengan iklas. Untuk pelaksanaannya jangan berkelompok, kita sama sama kerjakan dengan bergotong royong satu sama lain,” katanya.

Sekda Kab. Bandung Barat menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini, kita ketahui bersama jalur Sungai Citarum sudah terkenal sejak dulu, maka dari itu kita sama-sama jaga kebersihan lingkungan Sungai Citarum agar selalu bersih dan nyaman. Di bulan suci ini kita jadikan kegiatan ini menjadi ladang ibadah kita, maka dari itu kerjakanlah kegiatan ini dengan iklas.

“Kegiatan ini kita kerjakan dalam rangka mendukung progam Pemerintah yang sudah ada Kata┬áDandim 0609. Kita harus bisa memilah sampah dilingkungan rumah untuk mengurangi limbah yang tercemar di jalur sungai. Mari kita sama-sama berikan contoh kepada masyarakat bahwa kita semua peduli terhadap lingkungan. Jadikan sungai diwilayah kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.”

Kabag Ops Polres Cimahi turut mengingatkan, perhatikan keselamatan saat melaksanakan kerja bakti disungai, kita bekerja sama agar pelaksanaannya berjalan lancar.

Maklumat Kapolres Cimahi Tentang Kelestarian Lingkungan Hidup

Bahwa dalam rangka menciptakan aliran Sungai Citarum bersih dan harum dengan ini Kapolres Cimahi menyampaikan maklumat sebagai berikut :

1. Kepada seluruh masyarakat atau pihak manapun tidak melakukan pencemaran limbah dan membuang sampah disepanjang aliran Sungai Citarum yang pada akhirnya dapat menimbulkan terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan.

2. Bila mana terdapat pihak-pihak yang sengaja maupun tidak sengaja membuang limbah maka dikenakan sanksi pidana sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, Undang-undang No. 32 Thn. 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Pada pukul 18.20 WIB seluruh rangkaian kegiatan telah selesai dilaksanakan, selama giat berlangsung situasi dalam keadaan aman dan tertib.

Hadir dalam giat tersebut :

1. Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, S.I.K., S.H.

2. Dandim 0609/ Kab. Bandung Letkol Arh. A. Andre Wira Kurniawan, S.Ap., M.Si.

3. Bupati Kab. Bandung Barat Drs. H. Yayat T Soemitra.

4. Wakapolres Cimahi Kompol Goncang Ajie Susatyo, S.I.K., S.H., M.H.

5. Sekda Kab. Bandung Barat Drs. Aseng Junaedi, M. Si.

6. Kabag Ops Polres Cimahi Kompol Andrey Valentino, S.I.K.

7. Para PJU Polres Cimahi.

8. Para Kapolsek jajaran Polres Cimahi.

9. Para Danramil jajaran Kodim 0609.

10. Personil Polres Cimahi dan Polsek jajaran Polres Cimahi.

11. Personil Kodim 0609.

12. Personil Yon Armed 4.

13. Personil Satpol PP Kota Cimahi/Kab. Bandung Barat.

14. Personil Damkar Kota Cimahi/Kab. Bandung Barat.

15. Personil Senkom Polres Cimahi, KIC Polres Cimahi, SP/SB Kota Cimahi/Kab. Bandung Barat, Pramuka Kota Cimahi/Kab. Bandung Barat serta warga sekitar dengan jumlah keseluruhan lk. 800 orang.

(DR)