FSPMI Bandung Barat Ikuti Sosialisasi Ekonomi Buruh (Koin Works)

Bandung, KPonline – Selain persentasi dari MAGDI acara di PC FSPMI Bandung Barat juga dilanjut dengan sosialisasi mengenai ekonomi buruh, yang disampaikan dari tim Koin Works, dalam hari yang sama, Minggu (26/06/22).

Koin Works adalah salah satu penyedia jasa sektor keuangan digital financial technology (fintech) membantu masyarakat dalam permodalan usaha dengan suku bunga rendah, yaitu satu persen per bulan.

Yani dari koin works memaparkan, khususnya buruh dipermudah, untuk membantu modal usaha, asalkan anggota serikat pekerja yang resmi dan perusahaannya menjadi anggota Apindo, serta diketahu HRD, bahwa karyawannya mengajukan pinjaman ke Koin Workers, tanpa agunan.

Dede Rahmat yang saat ini menjabat sebagai pengurus KC/PC FSPMI Kabupaten Bandung Barat sekaligus merangkap sebagai sekertaris DPW FSPMI Provinsi Jabar, menyambut baik rencana ini, apalagi banyak buruh yang setiap minggu atau bulan, gajiannya habis gara-gara meminjam kepada Rentenir berkedok koperasi.

“Dengan upah yang rendah dan UMK tidak ada kenaikan maka solusi pinjaman menjadi pilihan buat buruh di KBB, dan akhir-akhir ini banyak para pekerja yang terjerat dengan pinjaman, baik itu rentenir yang berkedok koperasi dan juga pinjol. Ini merupakan salah solusi yang ditawarkan oleh KC FSPMI agar buruh di KBB khususnya tidak lagi terjerat oleh rentenir yang berkedok koperasi dan pinjol yang sangat memberatkan buruh,” kata Dede.

Program ini juga mudah-mudahan lebih memotivasi buruh, untuk bergabung menjadi anggota serikat pekerja yang resmi dan berafiliasi dengan konfederasi yang besar, agar lebih bermartabat serta dapat dibantu dan diadvokasi dalam permasalahan ketenaga kerjaan.

“FSPMI sendiri mempunyai pilar pengembangan ekonomi, yaitu Inkopbumi, tidak lama lagi akan meluncurkan produk Worker Water yaitu kemasan air mineral, dan kemungkinan akan merekrut tenaga kerja baru, agar bisa membantu masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan atau yang terkena PHK,” lanjut Dede.

Ia juga menambahkan agar berhati-hati meminjam dan berhemat dalam mengelola keuangan. “Semoga dengan koin works sedikit besarnya dapat membantu ekonomi buruh yang berada di Bandung Raya,” pesan Dede. (MRS)

Daftar Sekarang