FGD Terkait Diskriminasi Berbasis Gender Hingga Membahas Covid-19

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Menindaklanjuti riset atau pengisian quisioner yang berakhir tanggal 22 Juli 2021 kemarin, hari ini Sabtu 24 Juli 2021 jam 13.00 WIB, DPP FSPMI menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) melalui Zoom untuk mempertajam temuan-temuan selama pelaksanaan survey melalui Quisioner

Peserta Focus Group Discussion diikuti kurang lebih 70 partisipan dari berbagai daerah dan sektor anggota FSPMI. Diskusi mempertajam temuan-temuan dari Quisioner yang dilakukan oleh DPP FSPMI hingga 22 Juli 2021.

“Dari jawaban Quisioner yang kami terima, ada setidaknya ada 205 jawaban yang dapat di identifikasi lebih lanjut, karena menyebutkan nama puk dan kontak person untuk klarifikasi,” Jelas Kahar S Cahyono.

Lebih lanjut Kahar S Cahyono meminta masukan dari peserta FGD agar apa yang ada dalam quisioner dapat menjadi valid. Antusiasme para partisipan terlihat cukup terlebih ketika membahas tentang hak perempuan dan laki-laki yang dibedakan, misal tunjangan keluarga.

Dari Quisioner masih banyak pekerja perempuan yang belum mendapatkan dengan alasan pekerja perempuan tanggung jawab laki-laki dan lain sebagainya. dan rata-rata itu yang menjadi jawaban dalam Quisioner tersebut.

FGD juga membahas tentang P2K3, pandemi covid-19 yang belakangan ini sangat tajam dibicarakan diberbagai group Discussion, peran aktif serikat pekerja masih sangat lemah dan masih banyak yang tidak terlibat dalam P2K3, ada beberapa alasan yang muncul diantaranya belum diterimanya keberadaan serikat pekerja di perusahaan tersebut, sedikitnya anggota dan kurang pahamnya PUK terkait pentingnya P2K3 dilingkungan kerja.

Sementara terkait covid-19, berdasarkan data Quisioner yang dilakukan DPP FSPMI diperoleh data lebih dari 200 anggota FSPMI yang meninggal akibat covid-19 dan hampir 9000 an anggota yang terpapar covid-19.

Melihat kondisi ini tentu harus ada peran organisasi untuk ikut berpartisipasi membantu anggota dan keluarganya. Semoga kita bisa melalui masa pagebluk ini dengan selamat dan pandemi covid-19 segera selesai sehingga kita bisa kembali normal dalam beraktivitas, Aamiin.(Yanto)