Dony Subiyantoro, ST,.MM, Aktivis FSPMI Yang Ikhlas Berjuang Untuk Buruh dan Masyarakat

  • Whatsapp

Karawang, KPonline – Dony Subiyantoro nama lengkapnya, Tempat Kelahiran beliau di Boyolali pada tanggal 06 September 1982. Saat ini secara status masih menjadi pekerja PT. Sharp Semiconductor Indonesia yang berada di Kawasan Industri International City (KIIC) Karawang sebagai Production Control dari tahun 2006. Dan sempat Pengalaman bekerja menjadi Production Engineering di PT. Yamaha Motor pada tahun 2004. Rabu, (19/09/2018)

Pria lulusan Sarjana Teknis Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta dan S2 Magister Manajemen Universitas Suryadarma Jakarta tahun 2010 ini sangat perhatian terhadap dunia perburuhan / ketenagakerjaan, karena bagaimanapun juga dia menyadari bahwa apapun latar belakang pendidikan dan jabatan, selama masih diperintah dan dapat upah, maka masih di sebut pekerja yang rentan akan kesewenang-wenangan pengusaha.

Bacaan Lainnya

Karena kapasitasnya, Pria yang senang berorganisasi ini, dalam beberapa Komunitas / Lembaga Organisasi dipercaya / diberi amanah menjadi pengurus baik Ketua maupun pengurus lainnya. Yakni baik dalam Kemasyarakatan, Olah raga, Pendidikan maupun lingkup Ketenagakerjaan.
Karena dibenaknya mempunyai pandangan bahwa gemar akan Silaturahmi, menyambung Komunikasi dan Kekeluargaan akan memperpanjang rezeki sebagaimana ajaran sang baginda Nabi Muhammad SAW.

Mulai bergabung menjadi anggota serikat tahun 2006, pada mulanya serikat di PT. SHARP bukan FSPMI, akan tetapi seiring perjalanan waktu bersama rekan-rekan beliau mempelopori bergabungnya / berdirinya FSPMI di perusahaan tersebut, yang kemudian langsung diminta sebagai Ketua Bidang Organisasi PUK SPEE FSPMI PT. Sharp (2007-2009). Setelahnya dipercaya menjadi Sekretaris PUK bersama bung Resia sebagai Ketua saat itu. Prestasi yang dihasilkan selama menjabat, waktu itu sedang booming yakni menghapuskan Sistem Outsourcing (OS) yang ada di perusahaan yang berjumlah 4 (empat) OS menjadi pekerja tetap. Sehingga sekarang mayoritas (90%) pekerja status PKWTT.

Saat ini beberapa jabatan organisasi yang diemban oleh beliau antara lain sebagai , Ketua PUK SPEE FSPMI PT Sharp (Selama dua periode), Sekda Garda Metal Karawang tahun 2008 (Latsar Nasional angkatan pertama), Ketua PC SPEE FSPMI Kabupaten Karawang. Bersama rekan rekan KC/PC SPA FSPMI lainny memperjuangkan upah, sehingga berhasil bahkan menjadi upah Kabupaten yang tertinggi se-Indonesia, termasuk khususnya Sektor Elektronik, yang selisihnya cukup signifikan dibanding daerah/Kabupaten sekitar.

Adapun diluar FSPMI, beliau juga aktif di organisasi lain yakni sebagai Sekretaris Pengkab IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kab. Karawang, Ketua bidang Organisasi Pemuda Muhammadiyah Karawang, Sekretaris Majelis hikmah/politik dan Kebijakan Publik Muhammadiyah Karawang, Ketua DKM AL Ghammar Islamic Center Muhammadiyah Karawang, Bendahara Komite SMPN 2 Majalaya, bahkan sampai Ketua RT di perumahan tempat tinggalnya yakni Perum Kondang Asri Desa Klari dan lain sebagainya.

Minat dan bakat organisasinya memang sudah dimulai ketika masih duduk di bangku SD, SMP dst, yakni menjadi Ketua Kelas, Pengurus OSIS, Pramuka dan sebagainya. Pengalaman dan jabatan organisasi yang dia jalani bukan hanya sebagai formalitas saja, akan tetapi benar benar dijalankan secara tulus ikhlas dan optimal sehingga menghasilkan prestasi, bermanfaat bagi sekitarnya.

Tak hanya, dilihat dari dedikasi dalam berbagai Komunitas Masyarakat khususnya Komunitas buruh dalam hal ini FSPMI, maka Organisasi tersebut mendorong beliau untuk tampil dalam kontestasi politik 2019 menjadi Calon Legislatif / DPRD Kabupaten Karawang Daerah pilihan (Dapil) 6 , Dapil basis buruh meliputi Kec. Karawang Timur, Kec. Majalaya, Kec. Klari, Kec. Ciampel, Kec. Purwasari. melalui Partai Amanat Nasional (PAN).

Tentunya hal tersebut tidak lain karena penilaian masyarakat khususnya buruh yang menghendaki beliau menjadi perwakilan mereka sebagai tempat penyaluran aspirasi.

Di tengah kesibukannya, tentunya tak melupakan pula posisi beliau sebagai kepala keluarga yang baru mempunyai satu anak bersama sang istri Ziya Muzayyina Kosman. Berkomitmen terhadap perjuangan kaum buruh tak akan pernah berubah. Ia tetap konsisten untuk dan akan berada di garis terdepan dalam perjuangan.

Maka dengan itu atas dedikasi dan komitmennya selama ini, tidak berlebihan jika kemudian FSPMI – KSPI merekomendasikan Donny Subiyantoro untuk Maju menjadi Calon Legislatif tahun 2019 mendatang

Pos terkait