Dengan Berkolaborasi, Buruh di Bekasi Sukses Jadi Pengusaha Ikan Hias Beromset Fantastis

Bekasi, KPonline – Dedi Aprianto, anggota PUK SPEE FSPMI PT. Indonesia Epson Industry dan Bang Leely atau om Gondrong, sapaan akrabnya di kalangan pecinta ikan hias anggota PUK SPAI FSPMI PT. Toyota Tsusho Logistic Center (TTLC), berhasil berkolaborasi mengembangkan wirausaha ikan hias dengan pencapaian omset per bulannya hingga puluhan juta rupiah.

Semua itu mereka lalui dengan proses panjang, jatuh dan bangkit lagi untuk bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang ini, bahkan dapat mempekerjakan karyawan yang terkena PHK.

Dedi dan bang Leely terus konsisten mengembangkan wirausahanya yang dirintis justru pada saat perekonomian sedang terpuruk, yaitu di awal tahun 2020.

Reporter Koran Perdjoeangan Bekasi menyambangi Kaputren Farm, tempat galeri ikan hias Dedi dan bang Leely di Graha Prima baru, blok L no 12 A, RT05 RW20, Desa Mangun Jaya, Tambun Selatan, Sabtu (30/07).

Kepada Koran Perdjoeangan, Dedi dan bang Leely beserta tim Kaputren Farm menjelaskan strategi pemasaran dan penjualannya yang terbilang sudah up-to-date atau kekinian.

Dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter sebagai sarana promosi, Kaputren Farm juga membuat chanel YouTube yang berisikan konten-konten seputar dunia ikan hias.

Menariknya, pada hari dan jam tertentu, Kaputren Farm melakukan live streaming di channel YouTube nya, untuk berinteraksi dengan konsumen.

Saat live streaming di channel YouTube, adalah saat yang ditunggu oleh konsumen Kaputren Farm, karena ada lelang ikan hias dengan kualitas terbaik.

Dan yang paling dinantikan adalah sesi “giveaway”. Pada sesi itu, Kaputren Farm akan memberikan hadiah kepada konsumen yang beruntung, dengan syarat menjawab pertanyaan yang diberikan pemandu acara.

Untuk sistem penjualannya sendiri, Kaputren Farm tidak hanya melakukan penjualan secara langsung, tapi juga melakukan penjualan melalui online shop.

Ada banyak macam pilihan ikan hias yang tersedia di galeri Kaputren Farm, seperti Koki, Guppy, Channa dan lainnya, walaupun lebih berfokus pada ikan Koki dengan berbagai jenisnya.

Selain menjual ikan hias, Kaputren Farm juga menjual produk kebutuhan ikan hias seperti pakan ikan, aksesoris aquarium, anti jamur, produk perawatan aquarium dan produk-produk lainnya.

Kepada anggota Serikat Pekerja FSPMI, bang Leely berpesan agar jangan pernah takut untuk mulai berwirausaha.

“Siapkan mental, jangan takut merugi, karena dibalik kerugian yang dialami terdapat keuntungan berupa ilmu dan pengalaman” pesan dia.

“Yang lebih penting adalah untuk meluruskan niat, selama apa yang kita kerjakan tujuannya adalah untuk memberikan kebaikan dan manfaat bagi orang sekitar kita, maka Tuhan pasti akan berikan jalan untuk kita,” kata dia menambahkan. (Mohamad Irfan)

Daftar Sekarang