Buruh KBPP Karawang Siap Laksanakan Aksi Besar-besaran

  • Whatsapp

Karawang, KPonline –  Hari selasa (26/12/2017) para pimpinan buruh/ serikat pekerja kab.Karawang yang tergabung dalam Koalisi Buruh Pangkal Perjuangan (KBPP) telah mengadakan pertemuan di Kantor FSPMI membahas mengenai perkembangan upah minimum sektor 2018.

Dalam pertemuan tersebut seperti yang disampaikan oleh perwakilan DEPEKAB dari unsur Serikat Pekerja bahwa perundingan masih berjalan alot, bahkan sampai hari ini mengenai tata tertib belum ada kesepakatan, tapi upaya yang dilakukan oleh pemerintah diduga menggiring dan memaksakan kepada DEPEKAB untuk menyepakati sesuai dengan draft yang telah dibuat, adapun isi dari draft tersebut menurut perwakilan serikat pekerja  tidak menguntungkan buat kaum buruh bahkan sebaliknya.

Bacaan Lainnya

Hal lain yang disampaikan adalah mengenai usulan jumlah sektor dari perwakilan serikat pekerja mengusulkan untuk jumlah sektor sesuai dengan tahun sebelumnya yaitu 4 sektor,  dari pemerintah mengusulkan dibagi menjadi 23-25 sektor, sedangkan dari apindo belum ada usulan.

Menyikapi hal tersebut dari masing masing pimpinan buruh KBPP telah menyampaikan pandangan dan sikap, adapun sebagian besar sikap yang diambil dengan melakukan langkah di antaranya mengupayakan untuk audensi dengan pihak pemerintah dalam hal ini dengan bupati, apabila langkah yang diambil tidak ada respon  maka para pimpinan KBPP akan mengambil langkah berikutnya yaitu  aksi besar besaran bahkan mogok daerah bisa terjadi.

Terkait surat edaran apindo pusat yang menginstruksikan kepada tim apindo yang duduk di DEPEKAB/DEPEPROV terkait upah sektoral yang isinya diantaranya tidak wajib dilakukan penetapan upah minimum sektoral, menurut pandangan para pimpinan buruh diduga ini adalah bentuk doktrin atau strategi melemahkan kaum buruh dalam berjuang, tentu hal ini tidak bisa di diamkan harus disikapi , adapun sikap yang diambil diantaranya adalah  masing masing federasi akan membuat surat intruksi tandingan.

Buruh Karawang yang tergabung dalam KBPP sepakat untuk bersatu berjuang bersama untuk upah yang layak , bahkan kalau diperlukan untuk aksi/mogok daerah sepakat tiap tiap pimpinan federasi/SP bersama sama mengistruksikan ke anggotanya.

Untuk kegiatan KBPP dalam waktu dekat ini adalah audiensi ke pemerintah atau bupati Karawang, pada Jumat tgl 29 Desember pukul 13.00 WIB.

Harapan dari Koalisi Buruh Pangkal Perjuangan (KBPP) kehadirannya kepada para pimpinan-pimpinan PUK, PC ataupun GM dalam audiensi dengan Apindo dan Pemerintahan kabupaten Karawang. (Hsn)

Pos terkait