Buka Bersama Dan Konsolidasi Garda Metal Jawa Timur

  • Whatsapp
Buka bersama Garda Metal Jawa Timur ( Tim Media Jatim )

KPOnline Jawa Timur(26/06/2015)
Pukul 17,00 wib di Kavling Ganting Sejahtera jalan Singomenggolo V Ganting Gedangan Sidoarjo,ada sebuah pemandangan baru yang menyita perhatian warga sekitar ,bagaimana tidak? di lokasi yang merupakan kantor PC SPL FSPMI SIDOARJO (yang baru selesai) ini biasanya selalu sepi tanpa ada aktivitas namun sore tampak banyak orang hilir mudik mempersiapkan sebuah acara,mereka adalah Garda Metal ,kelompok pejuang buruh yang akan mengadakan kegiatan “Buka Bersama sekaligus Konsolidasi Garda Metal untuk wilayah Jawa Timur”.

Beberapa saat sebelum magrib tiba,Bung Anam menjelaskan rangkaian acara yang akan berlangsung pada saat itu serta obrolan kecil tentang kegiatan di masing masing daerah.

Bacaan Lainnya

Buka bersama Garda Metal Jawa Timur ( Tim Media Jatim )
Buka bersama Garda Metal Jawa Timur ( Tim Media Jatim )

Adzan maghrib berkumandang ,hal pertama yang dilakukan adalah melaksanakan sholat maghrib berjamaah secara bergiliran. beberapa orang tampak mempersiapkan Buka puasa ,makanan sebagai tanda mengakhiri puasa di hari itu di tata sedemikian rupa seolah mereka sedang makan di lokasi aksi dalam rangka memperjuangkan hak buruh.tidak ada piring yang digunakan, tempat makan hanya berupa kertas yang ditata memanjang berikut dengan nasi dan lauknya . olahan kepiting asam manis dan patin bakar hasil tangkapan dari kolam anggota pun disajikan.

Suasana kebersamaan sangat terasa sekali ,semua yang hadir makan dari tempat makan yang sama,tidak ada kelompok kelompok kecil yang tercipta karena beda perusahaan ataupun beda daerah ,dengan momen seperti ini mereka terlihat sangat menyatu dan kompak.
Ada satu aturan menarik saat berbuka ini yakni adannya konsekuensi tidak boleh meninggalkan tempat sebelum makanan di depan mereka habis ,yang mengundang gelak tawa saat ada yang merasa kenyang dan meninggalkan makanan,sambil tertawa mereka meneriakkan kalimat seraya bercanda “Mundur adalah sebuah penghianatan ! ” yang di jawab dengan semangat “Hidup Buruh !”. bung jarwo (30 tahun) mengatakan “ memang terasa nikmat dan seru bila berbuka puasa seperti ini bahkan mungkin dia akan menyesal bila tidak bisa mengikutinya “.
Dalam acara yang di gelar ini Nampak hadir KOORDINATOR WILAYAH GARDA METAL bung Dodik,beberapa KOORDINATOR DAERAH seperti bung Yusak (Sidoarjo},bung Komsah (Mojokerto),dan bung Imam (Pasuruan).Dan hampir 150 orang Garmet ikut dalam acara ini.
Bila dilihat dengan seksama memang tidak semua anggota Garda Metal dari daerah bisa hadir salah satunya adalah adalah dari Surabaya karena ada aksi solidaritas ditenda juang PT MBM dikawasan Intiland Surabaya.
Acara pun dilanjutkan dengan konsolidasi dan koordinasi.diantaranya :
• Laporan kondisi masing masing daerah dan permasalahan yang dihadapi PUK .
• Intruksi wilayah aksi selama tujuh hari berturut turut untuk PUK MBM.
• Agenda rutin pengumpulan THR untuk teman teman Garmet yang terPHK.
Acara ini berlangsung dengan penuh keseruan ,setiap permasalahan di bedah bersama tanpa ada yang saling menyalahkan,setiap pembicaraan juga penuh dengan canda tawa sehingga rasa kekeluargaan dan persaudaraan terlihat semakin kental.Memang dengan acara seperti ini bisa menghilangkan ganjalan ganjalan yang terjadi dalam tubuh organisasi agar tidak semakin besar dan menghambat langkah langkah yang akan di jalani.
Pukul 21.30 acara pun usai dan ada satu hal lain yang disepakati bersama yakni menghidupkan lagi tradisi NGOBAR ( ngopi bareng) setiap sabtu minggu pertama dalam setiap bulannya yang sudah berhenti sejak satu tahun lalu.
GARDA METALt adalah garda terdepan perjuangan FSPMI.Kesamaan idealisme membuat ikatan persaudaraan mengakar hebat dalam hati mereka masing masing.Semangat juang untuk terus bergerak demi terciptanya kesejahteraan bagi kaum buruh membuat langkah mereka tak terhenti…
TERUS BERGERAK GARDA METAL
(Anurib/tim media fspmi jatim)

Pos terkait