Bersinergi Untuk Membangun Kekuatan Ekonomi Pekerja Dengan Berkoperasi

Bekasi, KPonline – Bertempat di RM. Bebek Gongs Selera Nusantara, Jl. Kalimalang, Tambun, Bekasi, koperasi pekerja PT NIHON SEIKI INDONESIA melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2019, Minggu (15/12/2019). Sangat menarik tema yang di usung dalam Rapat Anggota Tahunan ini yaitu “Membangun Kekuatan Ekonomi Pekerja Dengan Berkoperasi”.

Selain acara ini wajib dihadiri oleh anggota koperasi, pada rapat ini terasa lengkap dan spesial karena di hadiri oleh perwakilan manajemen perusahaan PT. NIHON SEIKI INDONESIA, Ketua Serikat Pekerja SPEE FSPMI PT. NIHON SEIKI INDONESIA dan Pengurus DKM.

Dalam sambutan perwakilan manajemen perusahaan PT. NIHON SEIKI INDONESIA menceritakan pengalaman panjangnya di dalam organisasi yang pernah digelutinya, salah satunya organisasi Serikat Pekerja FSPMI yaitu betapa pentingnya organisasi-organisasi di dalam sebuah perusahaan untuk saling bersinergi dalam meningkatakan kesejahteraan buruh/pekerja.

Lebih lanjut menurut pria lulusan S1 Akuntasi ini pun mengutarakan bahwa di dalam organisasi perusahaan dan organisasi Serikat Pekerja, Koperasi Karyawan maupun DKM perlu berkompetisi dalam rancangan-rancangan program kerjanya.

“Ini bukan tentang kompetisi pada satu pemenang, melainkan pemenangnya adalah pekerja-pekerja yang ada di dalam perusahaan. Tidak lucu dan keren apabila perusahaan sudah bediri hingga 20 tahun lebih, akan tetapi pilar yang ada dalam organisasi, di dalamnya sudah bubar duluan karena orang-orang yang tidak kompeten dan sangat tidak bertanggungjawab. Tentunya pondasi biar kuat ada kemauan yang kuat untuk belajar dan ilmu pengetahuan menjadi nutrisinya,” ujar Widodo.

Asmun Mundari sebagai Ketua Koperasi juga menyampaikan bahwa apabila dalam rapat kali ini ada anggota yang tidak bisa hadir, berhalangan hadir karena sakit, mari kita bersama-sama memanjatkan doa untuk kesembuhan teman kita dan jika tidak hadir karena alasan yang lain.

“Anggota jangan disalahkan apalagi dimarahi oleh pengurus. Mungkin mereka belum sadar karena tertidur, maka menjadi tugasnya pengurus Koperasi untuk membangunkan dari tidurnya, biar sadar,” ungkapnya.

Senada dengan Ketua Koperasi, Ketua Serikat Pekerja PUK SPEE FSPMI PT.Nihon Seiki Indonesia juga yang akrab dipanggil Mas Budi menyampaikan sambutannya bahwa dari Rapat Anggota Koperasi ini, bisa di ambil pelajaran, jika kita ingin lebih baik pada masa-masa kini dan mendatang yang kental dengan persaingan dan kompetisi yang ketat maka harus bersama-sama membangun kesadaran kita serta menggali apa kemampuan yang ada pada setiap individu dalam diri kita.

“Tunjukan dan berkolaborasi dalam organisasi untuk satu tujuan yaitu meningkatkan kesejahteraan anggota dan keluarga dengan bersama-sama,” ujar Budi.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan laporan keuangan, laporan usaha bidang Koperasi PT Nihon Seiki Indonesia dan dilanjutkan dengan saran dan kritik dari anggota yang menghadiri demi kemajuan Koperasi ke depannya. (M.Ramdhoni)