Bantu Korban Banjir Pacitan Dan Sekitarnya, FSPMI, Jamkeswatch Dan Garda Metal Batam Galang Bantuan

Bagikan

Batam,KPonline – Untuk membantu meringankan beban masyarakat Pacitan, Wonogiri, Jogja dan sekitarnya yang terdampak badai Cempaka yang menyebabkan banjir besar, hari ini (30/11/17) hingga esok, FSPMI Kota Batam bersama Garda Metal dan Jamkeswatch menggalang dana di sejumlah tempat mulai dari simpang Kabil, Panbil dan Gelael, selain itu penggalangan dana ini juga di lakukan di tingkat PUKnya masing – masing.

 

Penanggung jawab aksi penggalangan dana Rahmat Munthe ketika di temui di Simpang Kabil mengatakan bahwa aksi kali ini adalah untuk kesekian kalinya, karena sebelumnya juga pernah di adakan aksi serupa untuk membantu masyarakat di sejumlah tempat di Indonesia yang sedang mengalami musibah.

“ Aksi ini sebagai bentuk solidaritas kami untuk masyarakat Pacitan dan sekitarnya yang sedang di landa musibah” Ungkap Munthe
“ Mereka saat ini membutuhkan uluran tangan dari kita semua untuk membantu meringankan beban mereka”.

Seperti di ketahui badai cempaka sebuah angin siklon dengan nama resmi Indonesia membawa dampak buruk bagi daerah yang di lewatinya . Akibatnya bencana tersebar di berbagai daerah, bahkan hingga menelan korban jiwa sebelas orang yang dinyatakan meninggal dunia. Bencana tersebut berupa banjir dan longsor.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), melansir bahwa lokasi bencana di selatan pulau Jawa di akibatkan oleh badai / siklon Cempaka yang berada sekitar 32 km sebelah selatan-tenggara Pacitan Provinsi Jawa Timur dengan kekuatan 65 km per jam, Selasa

Data sementara yang dihimpun Posko BNPB, bencana tersebut terjadi Kabupaten Situbondo, Sidoarjo, Pacitan, Wonogiri, Ponorogo, Serang, Sukabumi, Purworejo, Tulungagung, Semarang, Klaten, Malang, Wonosobo, Klungkung, Kota Yogyakarta, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Bantul, Kudus, dan Sukoharjo.

Pacitan sebagai lokasi yang paling dekat dengan badai tropis Cempaka mengawali bencana dengan hujan lebat sehingga menimbulkan banjir dan longsor pada Selasa (28/11/2017) dini hari. Sungai-sungai meluap menyebabkan ribuan rumah terendam banjir.

Banjir meluas terjadi 13 desa di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Pacitan (Desa Sirnoboyo, Desa Sukoharjo, Desa Kayen, Desa Kembang, Desa Ploso, Desa Arjowinangun, Desa Sidoharjo), Kecamatan Kebon Agung (Desa Purworejo, Desa Banjarjo, Desa Kebon Agung), dan Kecamatan Arjosari (Desa Pagutan, Desa Jatimalang, Desa Arjosari). Jalan lintas selatan lumpuh total.

Kontributor Batam : Gusril Alizar /Roy Sidabutar
Photo : Minto/Imar Maryam

Facebook Comments