Aktivis Serukan Pemimpin Negara G20 untuk Ambil Aksi Nyata Terhadap Perubahan Iklim

Aktivis Serukan Pemimpin Negara G20 untuk Ambil Aksi Nyata Terhadap Perubahan Iklim
Aktivis dari kelompok Extinction Rebellion melancarkan aksi protes dengan memblokade jalanan saat pelaksanaan KTT G20 di Roma, Italia, pada 31 Oktober 2021. (Foto: Reuters/Flavio Lo Scalzo)

Internasional,KPonline- Para pengunjuk rasa memblokir jalan-jalan di pusat kota Roma pada Minggu (31/10) untuk menyerukan tindakan lebih lanjut yang harus diambil oleh para pemimpin negara-negara kelompok G20 dalam mengatasi perubahan iklim.

Aktivis dari kelompok lingkungan Extinction Rebellion menyerukan aksi nyata yang harus diambil para pemimpin yang berkumpul dalam pertemuan puncak di ibu kota Italia itu.

KTT itu merupakan pertemuan langsung pertama sejak pandemi virus corona berlangsung. Agenda pembahasan dalam pertemuan itu mencakup isu perubahan iklim, pemulihan ekonomi akibat COVID-19, vaksin untuk negara-negara berpenghasilan rendah, dan tarif pajak minimum perusahaan secara global.

Para pengunjuk rasa memblokir jalan menuju istana kepresidenan Italia dan merantai diri mereka ke gerbang Trajanus. Aksi tersebut menyebabkan kemacetan lalu lintas di sekitar wilayah tersebut.

Italia berharap kelompok G20 dapat mengamankan komitmen utama negara-negara yang mewakili 80 persen ekonomi global — dan bertanggung jawab atas jumlah emisi karbon global yang dihasilkan — menjelang konferensi iklim PBB (COP26) di Glasgow, Inggris yang berlangsung hingga awal November mendatang.(voa)