Ada Hikmah Dibalik Setiap Bencana

Bogor, KPonline – “Kami dari FSPMI Bogor, mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena hanya mampu membawa dan memberikan sedikit bantuan kesini. Pada awalnya, kami kumpulkan donasi dan berbagai bentuk sumbangan lainnya dari buruh-buruh yang ada di Kabupaten Bogor, khususnya di wilayah Cibinong saja. Dan saya yakin, pasti ada banyak hikmah yang bisa kita petik dari setiap kejadian, termasuk bencana” ungkap Awaludin selaku salah seorang Pimpinan FSPMI Bogor yang turut serta dalam penyerahan bantuan kemanusiaan ke warga masyarakat Kampung Babakan Rawa Haur, Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Bogor.

Bencana alam berulang kali menerpa negeri ini, dengan berbagai macam bentuk bencana, seperti bencana gempa bumi, gunung meletus, banjir bandang, angin puting beliung, dan lain sebagainya. Sehingg dibutuhkan keikhlasan bagi warga masyarakat yang terkena dampak bencana tersebut baik langsung maupun tidak langsung. Bahkan, tidak terkecuali di wilayah Bogor, yang merupakan daerah yang curah hujannya tertinggi di Indonesia. Hujan deras akan mengakibatkan banjir, tanah longsor dan dampak negatif dari bencana tersebut, seperti timbulnya berbagai macam penyakit yang.

Seperti bencana alam banjir yang menimpa warga masyarakat yang berada disepanjang aliran sungai Cikeas, Bogor. Debit air sungai Cikeas yang bertambah dengan tiba-tiba, akibat hujan deras yang terjadi pada Kamis malam 25 April 2019 yang lalu, mengakibatkan meluapnya aliran air sungai Cikeas. Hal ini mengakibatkan ketinggian air sungai Cikeas naik hingga 2 meter dari ketinggian normal. Dan menyisir rumah-rumah tinggal dan apapun yang dilewatinya. Dan berdasarkan keterangan dari pihak Posko Bantuan Kemanusiaan Kampung Babakan Rawa Haur RT 01 RW 06, ada 31 rumah tinggal yang mengalami kerusakan, 4 rumah tinggal hancur, 12 rumah tinggal rusak sedang, 15 rumah tinggal rusak ringan.

Pada Kamis, 2 Mei 2019, FSPMI Bogor melaksanakan penyerahan donasi dan bantuan kemanusiaan kepada warga masyarakat Kampung Babakan Rawa Haur. Penyerahan donasi dan bantuan kemanusiaan ini, diberikan oleh FSPMI Bogor melalui Garda Metal area Cibinong bersama-sama dengan beberapa orang perangkat organisasi. Seperti yang diungkapkan oleh Agus Joko Santoso kepada Kusnaedi, selaku perwakilan dari Posko Bantuan Kemanusiaan Kampung Babakan Rawa Haur RT 01 RW 06. “Kami mewakili FSPMI Bogor dan buruh-buruh Bogor, meyerahkan donasi dan bantuan kemanusiaan ini, agar bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi semua warga masyarakat di sekitar kampung ini” ungkap Agus Joko Santoso kepada Kusnaedi.

“Secara pribadi dan sekaligus mewakili warga masyarakat Kampung Babakan Rawa Haur, mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh FSPMI Bogor dan Tim Respect Kecamatan Cibinong. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi warga masyarakat disini, yang memang sedang membutuhkan bantuan kemanusiaan” ungkap Kusnaedi. Lebih lanjut, Kusnaedi mengungkapkan kepada awak Media Perdjoeangan Bogor, bahwa warga masyarakat Kampung Babakan Rawa Haur, Desa Sentul, Kecamatan Babakan Madang dan desa-desa lainnya yang juga terdampak langsung, sangat membutuhkan uluran tangan dari pihak pemerintah.

Facebook Comments