6 Jurus Agar Semangat Bekerja Setelah Libur Panjang

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – Senin, 3 Juli 2017, sebagian besar pekerja sudah kembali masuk bekerja. Biasanya ada perasaan malas di hari pertama bekerja setelah libur panjang. Jika mau menuruti kata hati, kita ingin bermalas-malasan. Tidur-tiduran di rumah, melanjutkan liburan.

Terlebih lagi, selama liburan, tenaga kita banyak terkuras. Belum lagi yang mudik ke kampung halaman.

Tetapi karena bekerja adalah kewajiban, tidak bisa ditawar. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus kembali bekerja.

Berikut enam tips hadapi malas setelah libur melansir Lifehack.org, Kamis (29/6/2017):

Jurus 1: Tiba lebih awal

Pekerja selalu tergoda untuk datang lebih siang dari waktu yang telah ditentukan karena masih terbelit rasa malas seusai libur panjang. Namun sebaiknya, apabila memang bisa datang lebih awal, usahakan datang pagi dan mulai kerja terlebih dahulu dari rekan lain. Datang lebih awal akan membuat perasaan kita tenang serta tidak merasa tergesa-gesa.

Jurus 2: Mendengarkan musik

Studi yang dilakukan pada tahun 2013 oleh University of Missouri mengungkapkan, mendengar musik bersemangat dapat mengembalikan minat Anda. Dengan begini, motivasi bekerja pun akan lebih terangkat.

Jurus 3: Olahraga

Cara efektif lain untuk mengalahkan ‘sindrom malas kerja’ pasca liburan adalah dengan melepaskan beberapa endorfin melalui aktivitas fisik. Lakukan olahraga intensitas ringan seperti latihan kardio dan latihan beban.

Jurus 4: Atur pola makan

Usai liburan, sebaiknya kita kembali mengontrol pola makan dan memilih makanan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi, seperti salmo, alpukat, dan sayuran hijau. Selain itu, mengonsumsi blueberry dan teh hijau untuk membantu fungsi memori jangka panjang.

Jurus 5: Rapikan meja kerja

Salah satu hal yang bisa membuat malas untuk kembali bekerja adalah ketika Anda ‘disambut’ dengan tumpukan dokumen, surat atau benda-benda lain yang tergeletak di atas meja. Jangan hanya menatapnya saja. Segera rapikan agar tidak membuat Anda semakin penat dan malas bekerja

Jurus 6: Singkirkan pengalih fokus kerja

Foto-foto liburan memang menarik dan tak membosankan untuk terus dipandang. Tapi kalau Anda ingin segera kembali bekerja, segera tutup album foto liburan Anda. Bila perlu, matikan sejenak ponsel Anda atau tutup aplikasi media sosial agar bisa lebih fokus

Selain itu, ingatlah satu hal. Bahwa bergembira adalah keputusan kita. Maka putuskan untuk gembira.

Saat kamu berangkat kerja dari rumah, usahakan perasaanmu dalam keadaan senang dan gembira karena akan memulai kembali aktivitas kerjamu.

Nikmati suasana pekerjaan dikantor dengan caramu sendiri. Mungkin bisa dengan cara menyiapkan secangkir kopi panas sambil pasang earphone sambil mendengarkan musik. Atau bisa dengan cara lain yang kamu sukai sebagai pembangkit semangat kerja di hari pertama kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *