11 ABK Indonesia Akan Dipulangkan Setelah 4 Bulan Terdampar di Inggris

  • Whatsapp

Jakarta,KPOnline- 11 Pelaut/ABK Indonesia yang terdampar di pelabuhan Newport, Inggris sejak Maret lalu karena pemilik kapal terlibat hutang pada tiga negara sebesar $ 250.000 akhirnya akan dipulangkan pada hari ini, Kamis (25/6/15).

Sebelumnya, Serikat Pekerja Internasional (ITF) mengatakan mereka telah bergerak maju dalam memastikan pekerja akan mendapatkan upah di keputusan pengadilan dan mereka dapat dibayar saat kapal tersebut dijual.

Bacaan Lainnya

Ken fleming, koordinator Inggris dan Irlandia dari ITF mengatakan pihaknya  akan mengejar dan berupaya semampu yang kita bisa, mendorong penjualan kapal cepat dilakukan dan menyerukan kasus tersebut di parlemen agar pemerintah menghubungi Italia supaya membsyarkan hak gaji para ABK dan memfasilitasi kepulangan para ABK kembali ke keluarganya.

Kapten kapal asal Italia sudah pulang setelah kapal itu ditahan, bersama dengan tiga ABK lain yang membayar dengan cara mereka sendiri, tapi ABK yang tersisa tinggal menunggu sisa gaji mereka dibayarkan. Asuransi kapal akan menutupi biaya perjalanan untuk para ABK yang tersisa untuk pulang.

Salah satu ABK, Dorris agus menyatakan bahwa pemilik kapal hanya peduli dengan kapalnya. Tapi, tidak peduli dengan nasib para ABK.

Untuk diketahui, selain ke 11 ABK WNI ada juga 2 ABK asal Rumania dan Filiphina. Mereka bekerja di atas kapal General Cargo Sunflower E Genova berbendera Italia milik perusahaan Energy Shiping Italy, Kapal tersebut disita di Inggris karena perusahaan pemiliknya berhutang. Selain itu, sebelumnya salah satu korban, Bareb Sanjaya juga telah menginformasikan kasus yang mereka alami kepada Serikat Pekerja Indonesia Luar Negeri (SPILN) dan menyatakan jika mereka butuh bantuan dan langkah kongkrit pemerintah Indonesia untuk membantu memulangkan mereka dan menuntut gaji yang belum dibayarkan.

………………………………………………………………….

Link terkait :

m.southwalesargus.co.uk/news/13349180.Workers_stranded_on_Newport_cargo_ship_to_be_flown_home/

Pos terkait