Uun Marpuah: Lebih Baik Hidup Sederhana Tapi Punya Harga Diri

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – “Hidup sederhana tapi punya harga diri lebih baik ketimbang kaya raya tapi terbeli,” demikian kata Uun Marpuah di akun media sosialnya. Dalam status yang di like ratusan netizen dan mendapat komentar dari berbagai kalangan ini, selanjut Uun menulis:

Banyak orang mencibir, mencaci bahkan memaki senyumin ajah .

Kadang ada pemberian yang tanpa diminta. Alhamdulillah kita terima dengan baik. Namun ada juga pemberian yang juga tanpa diminta tapi memiliki maksud tertentu. Sulit untuk membedakannya, karenanya banyak cerita tentang orang-orang besar yang sangat sulit untuk menerima pemberian. Sebisa mungkin mereka menolak, kalaupun terpaksa menerima ia akan membalas secepatnya dengan pemberian agak tidak berhutang budi. Ibaratnya jika ia diberi 1 maka tidak menunggu lama ia akan segera memberi 2 atau bahkan 5.

Ngomongin soal pemberian jadi inget kata abah saya waktu kecil. Abah orang yang mandiri, beliau tidak ingin kami anak cucunya terikat banyak hutang demi gaya hidup, termasuk juga hutang budi pada orang lain. Saya belajar banyak tentang falsafah kehidupan dari Abah, melihat langsung kehidupan sederhana yang beliau jalani apa adanya lebih terasa membahagiakan, pesannya sederhana saja, bahagia itu soal hati, bukan soal banyak memiliki benda. Kemandirian juga yang menanamkan rasa percaya diri dan harga diri yang lebih nyata, itulah kekayaan yang sebenarnya, kekayaan hati yang diajarkan oleh Abah.

Kemandirian menjadi penting dalam pendidikan karakter pribadi siapapun, bukan hanya saya dan keluarga. Pribadi yang mandiri juga pada akhirnya akan menjadikan seseorang bersifat jujur dan bersikap tegas. Tidak mudah menyerah dengan ujian yang mengganggu fokusnya pada tujuan utama, tidak mudah dibelokkan dengan godaan yang membelokkan langkahnya dari tujuannya semula. “Tangan yang sering meminta dan menerima, tidak akan punya kekuatan untuk memukul”,

Pada akhirnya, pendidikan karakter juga menjadi kunci yang penting untuk kita semua dapat mewujudkan Bekasi yang Baik dan Benar.

Terima kasih utk semua relawan Obon Tabroni dan Bambang sumaryono yang selalu menginspirasi …

Tetap semangat karena Kesuksesan itu harus diperjuangkan !!!! (*)