Tips Menjadi Karyawan Baru Yang Menyenangkan

Batam,KPonline – Bekerja dan menjadi pribadi yang produktif serta bisa memiliki pendapatan sendiri sudah tentu menjadi keinginan seluruh umat manusia, karena dengan begitu kita dapat menjadi pribadi yang lebih berarti baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Setelah kamu resmi diterima bekerja bekerja di sebuah perusahaan, kamu akan memasuki tahapan selanjutnya sebagai karyawan baru. Tentunya, menjadi karyawan baru bukan hal yang mudah untuk sebagian orang terutama bagi fresh graduated.
Menurut DNetwork berikut tips-tips apa saja yang perlu dilakukan agar Kamu menjadi karyawan baru yang menyenangkan di tempat kerja

Bacaan Lainnya

1. Disiplin waktu
Disiplin waktu pada dasarnya harus dimiliki setiap orang baik karyawan baru maupun lama. Namun, sebagai karyawan baru yang biasanya menjadi sorotan utama atasan, HRD, dan rekan-rekan kantor, Kamu wajib menjaga attitude dan profesionalitas yang salah satunya mengenai disiplin waktu. Jangan pernah terlambat datang ke kantor, gunakan waktu kerja dengan baik, manfaatkan waktu istirahat dengan baik, dan pulanglah pada waktu yang ditetapkan perusahaan.

2. Perkenalkan diri
Jangan lupa mempekerkenalkan diri Kamu ke seluruh rekan-rekan kerja. Biasanya, Kamu akan diajak berkeliling kantor oleh Human Resources Development (HRD) untuk memperkenalkan perusahaan dan rekan-rekan kerja lainnya. Atau Kamu juga bisa lakukan melalui email dan sampaikan bahwa Kamu senang bisa bergabung di perusahaan tersebut. Tunjukkan bahwa Kamu antusias menjadi bagian dari mereka.

3. Sapa dan Senyum
Menyapa dan memberikan senyuman kepada rekan kerja yang kita temui di lorong kantor, tempat parkir, tangga, atau dimanapun, akan membuat Kamu selalu diingat dan memberikan dampak positive di lingkungan kerja. Tidak masalah apabila mereka tidak membalas senyuman atau sapaan Kamu karena terkadang ada beberapa orang yang tidak sempat melakukannya. Namun yang paling penting adalah Kamu sudah memberikan yang terbaik dari diri Kamu.

4. Pelajari tugas-tugas Kamu
Umumnya, tiga sampai satu minggu awal, perusahaan akan memberikan Kamu kesempatan untuk mempelajari dengan baik apa tugas-tugas Kamu dan bagaimana cara mengerjakannya. Gunakanlah waktu satu minggu tersebut sebagai awal belajar yang baik karena selanjutnya, Kamu akan bisa mempelajari hal-hal lainnya yang Kamu temui di dunia kerja. Sesungguhnya selama hidup, kita tidak pernah berhenti belajar bukan? demikian juga di tempat kerja :-).

5. Bergaullah dengan baik dan bersahaja
Jangan pernah mengurung diri di ruangan Kamu. Bergaul dan membangun jaringan dengan rekan-rekan kerja Kamu wajib hukumnya di dunia kerja. Kamu bisa makan siang bersama atau tawarkan bantuan apabila Kamu memiliki waktu luang. memiliki jaringan yang baik dan luas adalah investasi untuk masa depan yang baik. Karena sesungguhnya tanpa memiliki teman atau jaringan, Kamu akan sulit berkembang di dunia kerja.

6. Jangan mudah percaya apabila Kamu belum mendengar dan melihat sendiri
Biasanya karyawan baru menjadi sasaran empuk untuk disebarkan gosip- gosip yang beredar di lingkungan kerja. Cobalah untuk tersenyum dan dengarkan namun jangan terpancing apabila Kamu belum melihat sendiri. Tetap jaga kinerja dan profesionalitas Kamu dalam bekerja dan tunjukkan bahwa Kamu mampu bekerja dengan sangat baik tanpa terpengaruhi oleh gosip-gosip yang beredar.

Daftar Sekarang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.