Hal Penting yang Dipersiapkan Agar Bayar Angsuran Kredit Lebih Mudah

  • Whatsapp

Bagi sebagian orang, angsuran kredit bisa menjadi satu-satunya cara agar dapat memenuhi kebutuhan akan barang yang sudah lama diinginkan namun terbentur dalam masalah dana.Teknik pelunasan dengan cara mencicil pun dijadikan solusi termudah karena tidak memberatkan pengeluaran bulanan. Jika dalam waktu dekat ini kamu memiliki rencana untuk membeli sesuatu lewat jasa kredit perusahaan multifinance, berikut beberapa tips yang bisa disimak agar cara membayar terasa lebih mudah.

Pilih jangka waktu pinjaman yang sesuai

Bacaan Lainnya

Seperti yang sudah kita tahu, jangka waktu pinjaman terbagi menjadi dua: jangka panjang dan jangka pendek.Biasanya, banyak yang memilih melakukan cicilan jangka panjang karena biaya cicilan cenderung ringan.Sayangnya, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pelunasan amatlah panjang bahkan bisa jauh di atas 5 tahun.Jika dana memungkinkan, pilihlah pinjaman jangka pendek dengan biaya cicilan tinggi. Hal ini sangat direkomendasikan karena bunga yang ditetapkan adalah flat atau tidak berubah. Sehingga, biaya cicilan selalu stabil di tiap bulannya. Nilai praktis tersebut berbeda dengan pinjaman jangka panjang. Meski memberikan biaya cicilan lebih ringan, pinjaman jangka panjang memiliki beban suku bunga efektif di mana bunga yang dibebankan lebih tinggi. Jika ditotal, maka biaya yang dikeluarkan dari pinjaman jangka panjang akan lebih banyak dibanding metode yang lain.

Manfaatkan m-banking

Berkat teknologi yang semakin canggih, saat ini banyak kemudahan dalam urusan finansial yang bisa didapat. Salah satunya adalah melakukan pembayaran dengan m-banking. Tidak mau ketinggalan, perusahaan multifinance yang menaungi pembayaran kredit pun sudah memberikan pelayanan prima lewat metode yang satu ini.

Keuntungan membayar tagihan lewat m-banking adalah kamu tidak perlu repot pergi ke kantor leasing untuk memenuhi kewajiban saat masuk tanggal pembayaran. Kamu juga tidak akan direpotkan dengan persiapan berkas atau bukti pembayaran yang biasanya disiapkan dalam bentuk lembaran kertas. Pembayaran via m-banking juga lebih mudah dilacak, dirinci, dan ditelusuri sehingga akan sangat memudahkan nasabah dan pihak leasing saat keadaan mendesak.

Atur tanggal pembayaran

Kredit pinjaman diciptakan untuk mempermudah nasabah yang ingin membeli sesuatu namun memiliki keterbatasan dana saat akan membeli tunai. Kemudahan yang diberikan tentu memiliki syarat tertentu berupa tanggal jatuh tempo yang harus diikuti. Jika kamu termasuk orang yang mudah lupa untuk membayar cicilan, ada baiknya mengatur tanggal pembayaran sebelum jatuh tempo.

Kamu bisa memulai dengan cara memasang reminder di tanggal tertentu. Atau, kamu juga bisa membayar begitu selesai mendapat gaji bulanan. Bisa juga membuat perjanjian dengan pihak leasing untuk melakukan auto-debet pembayaran di tanggal yang telah disepakati bersama. Aturlah pembayaran dengan cara senyaman mungkin, agar kamu tidak merasa berat hati saat menjalaninya.

Manfaatkan aplikasi ponsel

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan agar lebih mudah saat membayar tagihan adalah memanfaatkan aplikasi ponsel untuk cek tagihan hingga membayar cicilan bulanan. Kamu bisa menjajal aplikasi seperti Traveloka untuk bayar angsuran kredit di setiap bulannya. Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakukan pembayaran angsuran setiap saat, di mana saja, selama 24 jam penuh.

Keunggulan lain yang bisa didapat ketika membayar tagihan lewat aplikasi adalah prosesnya yang cepat dan aman karena semuanya ada di dalam genggaman. Jadi, tidak ada lagi cerita soal membayar angsuran dengan cara pergi ke ATM atau bahkan melakukan setoran rutin ke leasing. Keamanan pun lebih terjamin karena akun aplikasi yang otomatis terhubung langsung dengan data pribadi sehingga mudah dilacak jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Pembayaran angsuran kredit memang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Lewat adanya berbagai kemudahan dalam proses membayar, diharapkan nasabah bisa menjalankan kewajiban tanpa rasa berat hati.

Pos terkait