Tingkatkan Kemampuan Menulis, Media Perdjoeangan Bekasi Adakan Pelatihan Lanjutan

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Media Perdjoeangan FSPMI Kab/Kota Bekasi mengadakan pelatihan menulis lanjutan untuk Pengurus Media Bekasi, Sabtu (27/10/2018). Dalam pelatihan yang bertempat di salah satu ruang meeting PT Hitachi Powering System.

Kegiatan ini dihadiri Koordinator Nasional Media Perdjoeangan FSPMI Iwan Budi Santoso. Sedangkan materi menulis disampaikan Vice Presiden FSPMI Bidang Informasi, Komunikasi, Media, dan Propaganda Kahar S. Cahyono. Tak ketinggalan, 5 orang Pengurus Media Bekasi juga mengikuti kegiatan ini.

Selain diikuti pengurus media daerah, pelatihan ini juga diikuti oleh beberapa orang Pengurus PUK, anggota, dan Korlap PUK SPEE FSPMI PT Hitachi Powering System.

Kegiatan ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FSPMI. Dalam sambutannya, Koordinator Daerah (Korda) Media FSPMI Bekasi yang juga Ketua PUK SPEE FSPMI PT Hitachi Aep Risnandar mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang hadir.

Pelatihan ini diadakan dengan tujuan utama meningkatkan kemampuan menulis sekaligus belajar bagaimana mengedit sebuah tulisan.

Foto bersama antara pembicara dan peserta pelatihan.

Selesai sambutan Korda Media Bekasi, acara langsung dilanjutkan dengan materi menulis yang disampaikan oleh Kahar S. Cahyono. Sebelum memberikan materi utama, peserta diminta untuk mencermati sekaligus mengkoreksi hasil karya tulisan yang sudah dikirimkan sehari sebelum pelatihan.

Menurut Kahar, menulis sama dengan mengindera dengan kata-kata. Ada 2 jenis tulisan, abadi dan cepat basi. Pria berkacamata ini juga menjelaskan apa saja contoh kedua jenis tulisan tersebut.

Dalam pemaparannya, Kahar juga menyampaikan, dalam menulis perlu memperhatikan outline  (kerangka tulisan). Selesai memberikan materi menulis, Kahar pamit untuk menghadiri agenda organisasi di Surabaya.

Iwan Budi Santoso sebagai pemateri kedua, memaparkan tentang fotografi dasar. Tidak hanya inti materi, pria yang akrab dipanggil Jaket Ijo ini juga memberikan trik-trik menarik bagaimana menggunakan dan memaksimalkan kamera yang kita punya, terutama kamera smartphone.

Iwan juga menjelaskan beberapa contoh hasil karya fotonya. Ternyata, selain foto jurnalistik, Iwan juga seorang penggemar fotografi sunset.

Beberapa hasil karya foto sunsetnya bisa dijumpai di sosial media pribadinya. Iwan mengaku, sebagian besar hasil foto sunsetnya adalah hasil dari kamera smartphone. Materi fotografi berakhir sekitar jam 12.30 WIB, acarapun selesai dan ditutup dengan makan siang.(Ed)