Sosialisasi JKN-BPJS Kesehatan bersama Tim REAKSI

  • Whatsapp

Bogor, KPonline – Pada Sabtu 11 Agustus 2018, Relawan Jamkeswatch Bogor bersama-sama Tim REAKSI (Relawan Kemenangan Supri Izhar) bertatap muka dengan masyarakat umum. Kegiatan yang diselenggarakan diwilayah RT 02 RW 04 Desa Karanggan Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor.

Kegiatan sosial ini dihadiri oleh Kepala Desa Karanggan Adang, Ketua PKK Desa Karanggan sekaligus istri dari Kepala Desa Karanggan, Ketua RW 04 Agus & jajaran Pengurus PKK Desa Karanggan, Kec. Gunung Putri Kab. Bogor.

Kegiatan ini dalam rangka sosialisasi tentang kepesertaan JKN-BPJS Kesehatan dan manfaat BPJS Kesehatan. Kegiatan sosial ini adalah bagian dari rangkaian agenda sosialisasi Relawan Jamkeswatch Regional 1 Bogor di wilayah Karanggan-gunung putri sekaligus memperkenalkan Jamkeswatch beserta para Relawan Jamkeswatch sebagai relawan di bidang kesehatan. Acara ini dihadiri juga oleh pembina Tim Relawan Jamkeswatch Supri izhar.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan program FSPMI Buruh Go Politik dalam konstelasi politik pada 2018-2019. Jamkeswatch bersama salah satu bakal calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Bogor Supri Izhar didampingi oleh Tim REAKSI yang terus melakukan sosialisasi tentang pentingnya manfaat BPJS Kesehatan bagi masyarakat luas, agar masyarakat menjadi cerdas dan paham akan regulasi dan tata cara penggunaan BPJS Kesehatan.

Supri Izhar yang juga seorang aktifis buruh sekaligus sebagai Pembina Jamkeswatch Bogor memiliki tujuan untuk masyarakat yang lebih faham mengenai manfaat BPJS Kesehatan. Bahkan bukan hanya tentang kesehatan, sebagai Kader FSPMI yang telah dipilih dan diberikan kepercayaan beliau mempunyai misi organisasi yang harus dibawa dan diemban yakni buruh harus sejahtera, serta pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis untuk rakyat.

Heri Iriawan selaku Ketua DPD Relawan Jamkeswatch Bogor menuturkan bahwa sosialisasi yang di hadiri ibu-ibu PKK Desa Karanggan dan masyarakat umum, mengapresiasi atas sambutan dan antusiasme peserta sosialisasi. Materi yang diberikan terkait masalah pendaftaran peserta JKN-BPJS Kesehatan, kasus-kasus yang sering terjadi dalam pelaksanaan aturan BPJS Kesehatan serta pembahasan hak dan kewajiban peserta.

Keluh kesah masyarakat terkait beredarnya informasi yang tidak benar yang beredar di media-media massa, bahwasannya BPJS Kesehatan mencabut 3 manfaat layanan kesehatan yakni, manfaat terkait penjaminan bayi lahir sehat, operasi katarak, dan juga terkait Rehabilitasi Medis.

Untuk mengembalikan kepercayaan pada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan BPJS Kesehatan, kegiatan ini sekaligus mengkampanyekan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

“Kami berharap pelayanan yg diberikan bagi warga yang kurang mampu khususnya masyarakat miskin dengan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Khususnya warga masyarakat Desa Karanggan dan sekitarnya. Jamkeswatch telah banyak membantu masyarakat khususnya di bidang kesehatan.” tutur Agus Ketua RW 04 Desa Karanggan.

Untuk menepis rasa kekhawatiran masyarakat umum atas menurunnya layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan, Supri Izhar dengan tegas mengajak masyarakat luas untuk terus belajar. Membantu dan mensosialisasikan tentang manfaat layanan kesehatan masyarakat yang lebih baik untuk mewujudkan misi buruh sejahtera, kesehatan dan pendidikan gratis.

Penulis : Iwan Sumantoro