PUK SPAMK FSPMI PT Ichikoh Indonesia Selenggarakan Pendidikan Dasar Organisasi

Bekasi, KPonline¬†–¬†Bertempat di Igloo Hotel, Cibitung, Bekasi hari ini minggu (12/08/2018), PUK SPAMK FSPMI PT Ichikoh Indonesia mengadakan pendidikan dasar organisasi untuk anggota. Acara ini di mulai pukul 08.00 WIB, di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars FSPMI oleh para peserta yang berjumlah 37 orang. Mereka menyanyikan lagu dengan penuh khidmat.

Acara pendidikan ini dihadiri ketua PUK SPAMK FSPMI PT Ichikoh Indonesia dan beberapa pengurus PUK SPAMK FSPMI PT Ichikoh Indonesia.

Sambutan pertama oleh Samsul Arifin selaku ketua PUK SPAMK FSPMI PT Ichikoh Indonesia. “Pendidikan adalah hal yang sangat fundamental dalam perjuangan. Jika minat buruh untuk berpendidikan sudah tidak ada maka hancurlah organisasi,” ujar Samsul.

Selesai sambutan ketua PUK dilanjutkan dengan sambutan ketua Bidang Pendidikan PUK SPAMK FSPMI PT Ichikoh Indonesia Lukky Soffa dan dari Pimpinan Cabang SPAMK FSPMI Bekasi Echsan Sakura.

“Dengan diadakannya pendidikan dasar oleh Bidang Pendidikan PUK SPAMK FSPMI PT Ichikoh Indonesia hari ini, berharap teman-teman peserta pendidikan akan mengerti dan faham pentingnya berorganisasi Serikat Pekerja. Menjadi anggota serikat pekerja, mau terlibat dalam kegiatan pergerakan serikat pekerja adalah suatu bukti bahwa kita butuh dengan Serikat Pekerja. Karena organisasi Serikat Pekerja adalah alat untuk kita memperjuangkan perbaikan upah dan kondisi kerja. Sebagai alat melindungi pekerja terhadap ketidakadilan dan diskriminasi. Sebagai alat untuk mengupayakan agar manajemen mendengar suara pekerja sebelum membuat keputusan dan sebagai alat untuk mengupayakan agar tidak terjadi PHK, “ujar Echsan Sakura selaku Seksi Bidang Pendidikan Pimpinan Cabang.

Selain itu, Echsan Sakura juga menyebutkan beberapa fungsi Serikat Pekerja diantarananya yaitu sebagai sarana menciptakan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan menjadi bagian dari Serikat Pekerja, anggota bisa mengerti langkah-langkah apa saja ketika akan memperjuangkan hak pekerja dalam berunding dengan manajemen perusahaan itu sendiri.

Begitulah kenapa serikat pekerja itu harus ada di setiap perusahaan, karena Serikat Pekerjalah yang bisa membela, melindungi, dan memperjuangkan kesejahteraan anggotanya, serta mengupayakan agar tidak terjadi PHK kepada anggotanya.

Semoga dengan diadakannya pendidikan dasar organisasi ini, peserta pendidikan paham akan pentingnya berorganisasi Serikat pekerja sehingga mampu merealisasikan di lingkungan kerja dan di kepengurusan PUK SPAMK FSPMI PT Ichikoh Indonesia.

Penulis : Tri Widiyantoro