Solidaritas dan Panji-Panji Basah di Depan PT. Shin Han Indonesia

  • Whatsapp

Bogor,KPonline – Jam menunjukan pukul 15:10 WIB ketika rintik hujan mulai turun membasahi Bogor. Tetapi hal itu tidak menjadikan massa aksi dan massa solidaritas untuk berteduh. Mereka tetap berdiri di depan pagar pabrik PT. Shin Han Indonesia untuk tetap menyuarakan aspirasi dan tuntutan.

Dari mobil komando FSPMI Bogor terdengar sayup-sayup alunan lagu Darah Juang. Puluhan anggota Garda Metal Bogor masih tetap berada di tempat.

Muat Lebih

Dalam suasana temaram, Fauzan, salah seorang mantan buruh PUK SPL-FSPMI PT. Lintec Indonesia yang pada 2015 yang lalu juga melakukan mogok kerja berorasi.

Aspal dipinggir Jalan Raya Kranggan, Citeureup, Bogor menjadi basah akibat tetesan-tetesan rintik hujan. Seakan merasakan juga apa yang dirasakan oleh 98 orang anggota PUK SPL-FSPMI PT. Shin Han Indonesia yang mayoritas perempuan.

Bendera FSPMI dan KSPI sebagai panji-panji kebesaran menjadi basah kuyup. Lantunan Darah Juang diputar ulang. Suasana magis tercipta.

Terlihat beberapa anggota PUK SPL-FSPMI PT. Shin Han Indonesia yang juga merupakan warga sekitar pabrik PT. Shin Han Indonesia menitikkan airmata. Teriakan Hidup Buruh pun seakan meredup.

Bergantian, orator naik ke atas mobil komando FSPMI Bogor. Satu per satu emberikan dorongan semangat dan menyampaikan aspirasinya.

Terlihat Presiden FSPASI Herry Hermawan menaiki mobil komando. Dia menyampaikan tentang spanduk yang di pasang oleh pihak Management PT. Shin Han Indonesia dipagar pabrik. Hal tersebut sangat kontradiktif atas apa yang sedang terjadi di PT. Shin Han Indonesia.

Kontrak yang berkepanjangan, upah yang seharusnya UMSK Kelompok III tapi pihak perusahaan memberikan UMK Bogor dan segudang permasalahan yang lainnya.

Aksi solidaritas juga datang dari para buruh yabg tergabung dalam FSKEP, PPMI, Komite Nasional Pemuda Indonesia, Karang Taruna Kecamatan Citeureup dan DKM Mesjid Al Ikhlas yang sebagian besar anak-anak mereka merupakan buruh di PT. Shin Han Indonesia.

Aksi Solidaritas sesama buruh sangat dibutuhkan oleh kawan-kawan buruh yang sedang mengalami permasalahan Hubungan Industrial. Selain menjadi penguatan rasa solidaritas antar buruh baik itu lintas bendera maupun lintas daerah, hal tersebut akan menjadi bentuk nyata Solidarity Forever.

Kalau kamu kapan akan memberikan solidaritas kepada sesama buruh? Serius. Nanya.

Pos terkait