Serikat Pekerja FSPMI Bersama Manajemen PT. Uniflex Kemasindah Tanda Tangani PKB ke 4

Bekasi, KPonline – Bertempat di Hotel Santika, Cikarang, Bekasi, Serikat Pekerja PUK SPAI FSPMI PT. Uniflex Kemasindah bersama manajemen menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB) ke 4, pada Rabu (09/11/2022).

Acara penandatanganan PKB dihadiri oleh Ferry Hermawan (Direksi), Theresia Diah Fitriani Lestari (Ketua Tim Perunding PKB perusahaan), dan seluruh jajaran Top Manajemen PT. Uniflex Kemasindah.

Dari Serikat Pekerja hadir seluruh pengurus PUK dan tim perunding yang diketuai oleh Jajang Nurjaman (Ketua PUK), serta Sriyanto (Ketua Tim Perunding PKB dari Serikat Pekerja).

Ketua PUK SPAI FSPMI PT. Uniflex Kemasindah Jajang Nurjaman menuturkan bahwa jika perusahaan bisa lebih maju dan sejahtera maka hal tersebut tentu akan membawa dampak kebaikan bagi semua pekerja beserta keluarganya.

Sementara itu, Sriyanto, ketua tim perunding Serikat Pekerja mengungkapkan bahwa perundingan PKB kali ini yang tercepat dari tahun sebelumnya. “Harapannya semoga Hubungan Industrial PUK dan manajemen selalu bisa terjaga dengan baik,” kata Sriyanto.

Dalam kesempatan yang sama, Direksi Perusahaan Ferry Hermawan berharap ke depannya semoga di PT. Uniflex bisa naik kelas. Ia juga berharap perusahaan lebih siap menghadapi tantangan yang semakin besar.

Ketua tim perunding PKB perusahaan Theresia menambahkan, PKB yang sudah disepakati akan dilaksanakan sebaik-baiknya.

“Kita adalah partner, saling koreksi, saling melengkapi dan kita sudah sepakat bahwa Rlregulasi yang ada atau yang diterapkan di tempat kita, akan kita laksanakan sebaik – baiknya,” ujar Theresia selaku Ketua Tim Perunding PKB perusahaan.

Sebagaimana telah diatur dalam undang-undang, Perjanjian Kerja Bersama telah disebutkan dalam UU Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003 Pasal 1 Ayat 14,15 dan 21 yang berbunyi :

14. Perjanjian kerja adalah perjanjian antara pekerja/buruh dengan pengusaha atau pemberi kerja yang memuat syarat syarat kerja, hak, dan kewajiban para pihak.

15. Hubungan kerja adalah hubungan antara pengusaha dengan pekerja/buruh berdasarkan perjanjian kerja, yang mempunyai unsur pekerjaan, upah, dan perintah

21. Perjanjian kerja bersama adalah perjanjian yang merupakan hasil perundingan antara serikat pekerja/serikat buruh atau beberapa serikat pekerja/serikat buruh yang tercatat pada instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan dengan pengusaha, atau beberapa pengusaha atau perkumpulan pengusaha yang memuat syarat syarat kerja, hak dan kewajiban kedua belah pihak. (Ghocyr Armstrong)