Seperti Ketika Bertemu Buruh, Bertemu PBNU Pun yang Dibahas Masalah Kemiskinan

Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto bersama Presiden KSPI Said Iqbal usai pendaftaraan Capres - Cawapres di KPU, Jakarta. Foto: Kahar

Jakarta, KPonline – Bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto – Sandiaga Uno bersilaturahmi┬ádengan Ketum PBNU Said Aqil Siroj dan jajarannya, Kamis (16/8/2018).

Ini pertemuan yang penting. Apalagi, NU merupakan ormas Islam terbesar di Indonesia yang memiliki anggota jutaan orang. Dalam hal ini, anggota NU yang jutaan itu pastilah merasakan bagaimana tingkat kesejahteraan saat ini.

Menariknya, saat bertemu dengan PBNU, yang dibahas adalah permasalahan ekonomi, kemiskinan, dan berbagai kesulitan rakyat. Tidak jauh berbeda dengan apa yang dirasakan oleh kaum buruh.

Bahkan KSPI menyebut, permasalahan kemiskinan, ketimpangan sosial, dan daya beli menjadi pekerjaan rumah Pemerintah yang belum terselesaikan.

“Kami diterima dengan baik oleh Pengurus Besar NU diwakili oleh Ketua Umum, ketua-ketua lainnya, Bendahara, Sekjen, menyampaikan pemikiran-pemikiran, saran, dan harapan, titipan, kepada kami, saya dan Saudara Sandiaga Uno, untuk ke depan fokusnya adalah masalah ekonomi, bagaimana bisa mengurangi kemiskinan, kesulitan rakyat, bagaimana bisa menciptakan satu ekonomi yang lebih adil,” kata Prabowo Subianto.

Prabowo mengatakan pimpinan NU menaruh harapan kepada Prabowo dan Sandiaga sebagai calon presiden dan wakil presiden. Beberapa pesan dan saran dibicarakan dalam diskusi.

“Pimpinan NU menaruh harapan, kami sebagai calon presiden dan wakil presiden, kami diingatkan untuk memikirkan dan merumuskan strategi pembangunan yang bisa mengatasi kesulitan-kesulitan itu, tadi ini inti dari pertemuan barusan,” imbuh dia.

Jika benar pembahasan yang dilakukan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno dengan PBNU salah satunya terkait masalah kemiskinan, dapatlah ditarik kesimpulan bahwa memang, permasalahan ekonomi sangatlah urgent untuk diselesaikan.

Oleh karena itu, kita berharap semua calon presiden akan fokus pada permasalahan ini. Sehingga bangsa Indonesia, yang dalam konstitusinya mengatakan bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang tergandung didalamnya dikelola oleh negara dan dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat dapat diwujudkan.

Hal senada juga disampaikan Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan. Zulkifli mengaku mendapat keluhan dari emak-emak terkait dengan harga-harga yang mahal.

Serikat pekerja yang salah satu tugasnya adalah membela, melindungi, dan memperjuangkan hak serta kepentingan kaum buruh; tentu akan bekerja keras untuk mengawal dan memastikan agar pemerintah selalu berpihak pada rakyat.

Kontrak politik antara KSPI dengan Prabowo – Sandi, adalah bagian dari ikhtiar agar isu perburuhan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam perumuskan kebijakan ekonomi oleh pemerintah terpilih.