Seminar Hukum Pemerintahan Desa : “Mekanisme dan strategi Pengelolaan Anggaran Desa”

Bekasi, KPonline –¬†¬†Hari ini Sabtu, 28 April 2018 dimulai pukul 9.00 wib sd selesai bertempat di Hotel Igloo Cibitung diselelenggarakan Seminar Hukum tentang Pemerintahan dana dan alokasi dana desa.

Dihadiri sekitar 80 orang peserta dari mahasiswa STIH dan STIM serta masyarakat umum. Selain itu hadir pula Zuli Zulkipli ketua BPD dalam seminar ini. Peserta sangat antusias dengan adanya seminar ini, terbukti hingga seminar ini selesai peserta justru makin bertambah.

Ketua panitia Masrul Z. SE menyampaikan dalam sambutannya bahwa ” setiap tahunnya STIH Dharma Andhiga ini mengadakan seminar tapi untuk tahun ini tema seminar ini sangat menarik dan luar biasa yaitu mengenai dana desa, karena kucuran dana desa sebanyak.1 6 milyar sehingga jangan sampai terjadi penyalahgunaan atau ketidak mengertian tentang dana desa ini. Kedepan seminar ini akan dilaksanakan lebih besar lagi dan umum.”

Dalam sesi pertama seminar diisi dengan tema “Mekanisme dan strategi Pengelolaan Anggaran Desa” yang disampaikan oleh Kombespol Candra Sukma Kumara dan Kapolres Metro Bekasi yang berisikan mengenai “Peran straregi POLRI dalam Pencegahan, Pengawasan dan Penanganan Penyalah gunaan Alokasi”

Dalam sesi kedua seminar yang disampaikan oleh Dr. Dwi Rudi Hartoyo AP. S Sos Msi. dari direktorat jenderal pembangunan masyarakat desa (PPMD) Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang mengisi materi Alokasi Dana Desa langkah percepatan pembangunan dan penguatan otonomi desa menyampaikan “Mari membangun desa masing2 karena di desa sekarang ini sudah bisa memberikan lapangan pekerjaan”

Ditambahkan pula bahwa “Polisi belum boleh melakukan pengawasan tetapi hanya pendampingan dalam hal dana desa, yang melakukan pengawasan adalah pemerintah”

Semoga seminar ini memberi tambahan wawasan bagi mahasiswa dan masyarakat yang hadir dalam seminar ini. (wie)