SASK dan IndustriALL Global Union Selenggarakan Pendidikan Media dan Komunikasi di Indonesia

Bogor, KPonline – Pagi yang cerah, seakan menyambut kedatangan para peserta kegiatan Trainning Media and Communication yang diadakan oleh SASK Trade Union Solidarity Center of Finland dan IndustriALL Global Union yang diselenggarakan pada tanggal 6-8 September 2017. Acara ini diadakan di Hotel Neo+ Savana Sentul Bogor, yang dihadiri oleh 32 orang peserta yang berasal dari afiliasi serikat pekerja yang bernaung di IndustriALL. Afiliasi-afiliasi yang turut serta dalam kegiatan ini antara lain adalah FSPMI-KSPI, FSPKEP-KSPI, FLOMENIK-KSBSI, FSPFARKES Reformasi-KSPI, SPN-KSPI, FSP2KI-KPBI, FPE, SPK-KPBI, FSPGARTEKS-KSBSI,

Dalam sambutannya, IndustriALL South East Asia Office Vonny Diananto mengucapkan terima kasih banyak atas kehadiran seluruh peserta dan perwakilan dari SASK Finland dan Industri All. Vonny berharap, seluruh para peserta memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu dan pengalaman dari para mentor dan pengajar.

Hadir pula Ketua Industri All Indonesia Council Iwan Kusmawan yang mengkritisi keterlambatan afiliasi serikat pekerja dalam mengkonfirmasi terkait kehadiran dalam kegiatan penting ini. Dan tentu saja, Iwan memiliki harapan yang senada dengan Vonny Diananto terkait manfaat dari pelatihan ini.

Suasana “Training Media and Communication’ yang diselengagrakan SASK dan IndustriALL Global Union pada tanggal 6-8 September 2017.

Pelatihan ini juga dihadiri Ketua Departemen Komunikasi PRO Finland, Jana Aaltonen. PRO salah satu serikat buruh Kerah Putih di Finlandia. PRO Finland sangat peduli terhadap kegiatan-kegiatan serikat pekerja di negara-negara berkembang antara lain Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar dan Filipina. Terlebih lagi dalam hal membangun komunikasi antar serikat pekerja dalam satu afiliasi dan juga antar afiliasi. Hal ini sangat bermanfaat bagi serikat pekerja itu sendiri dan juga dalam menjalin hubungan komunikasi dan informasi antar serikat pekerja.

Lain hal yang disampaikan Marlon Quesada, perwakilan SASK Finland di Asia Pacific yang berkewarganegaraan Filipina. Marlon menegaskan akan terus berusaha menjalin hubungan baik dengan seluruh serikat pekerja yang ada di dunia dalam berbagai bentuk dan secara global. Hal ini menjadi begitu penting dikarenakan perubahan situasi dan kondisi politik dan ekonomi dalam suatu negara. Oleh karena itu, Marlon mengajak sekaligus mendukung penuh kegiatan-kegiatan serikat pekerja yang berafiliasi dibawah naungan Industri All.

Pemateri pertama dalam kesempatan kali ini adalah Petra Braenmark Direktur Komunikasi IndustriALL Global Union. Petra menjelaskan bagaimana potensi serikat pekerja-serikat buruh yang ada di Indonesia dalam membangun jaringan komunikasi dan informasi terkait issue-issue perburuhan. Selain itu, dia juga memberikan pencerahan mengenai bagaimana membangun jaringan komunikasi dan informasi dalam sebuah serikat pekerja dan antar serikat pekerja. Bahkan penggunaan media sosial dan jejaring yang ada untuk terus membangun jaringan komunikasi dan informasi serikat pekerja.

Kegiatan Pendidikan Media dan Komunikasi ini pun diliput oleh TV PRO, salah satu jaringan televisi swasta yang dimiliki oleh serikat pekerja PRO Finland.

Penulis: Rinto dan Herveen

Daftar Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.