Sambut May Day, FSPMI Sumatera Utara Gelar Turnament Sepak Bola Piala DPW

  • Whatsapp

Deli Serdang, KPonline – May Day adalah Hari Buruh Internasional yang jatuh setiap tanggal 1 Mei setiap tahunnya. May Day sendiri ditetapkan karena mempunyai sejarah yang mengharukan dan juga suatu kemenangan perjuangan kaum buruh pada tahun 1884 sampai 1886.

Sejarah mencatat pada tahun 1884 lahirnya gerakan buruh yang memperjuangkan kerja layak yang pada masa itu mempunyai jam kerja 19 jam sampai 20 jam per hari.

Puncaknya pada tanggal 1 Mei 1886 di Cicago, Amerika Serikat, buruh melakukan aksi demonstrasi selama 4 hari yang melibatkan 400.000 buruh dengan tuntutan utama yaitu agar diberlakukan jam kerja yang layak bagi pekerja (8 jam kerja).

Perjuangan buruh yang pada saat itu menewaskan ratusan peserta aksi karena bentrok dan ditembaki oleh aparat keamanan juga memenjarakan dan menghukum mati para pimpinan aksi. Hal ini mempunyai makna yang sangat luar biasa bagi buruh pada umumnya.

Tetapi dengan perjuangan buruh yang sangat dasyat itu, terciptalah jam kerja yang layak bagi kaum buruh yang sampai saat ini bisa dinikmati oleh para buruh dipenjuru dunia, bahkan di Indonesia sendiri May Day atau tanggal 1 Mei setiap tahunnya ditetapkan sebagai hari libur Nasional.

Menghormati sejarah perjuangan buruh pada abad 19 tersebut, dan dalam rangka memperingati May Day, Dewan Pimpinan Wilayah Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (DPW FSPMI) Provinsi Sumatera Utara akan menyelenggarakan tournament sepak bola antar Pimpinan Unit Kerja (PUK) se Sumatera Utara yang bertema “MAY DAY Piala DPW FSPMI SUMUT”.

Ketua Panitia, Afriyanayah, menyampaikan bahwa Tournament yang sudah kali ketiga (3) kita selenggarakan dari tahun 2015 ini ditanggung jawabi sepenuhnya oleh DPW FSPMI Sumatera Utara, dengan harapan yang sama seperti perjuangan lahirnya May Day tersebut, dimana dengan perjuangan keras, kekompakan yang solid untuk menuju kemenangan yang hakiki.

Selain itu, kegiatan ini menjadi ajang silatu rahmi antar PUK yang bernaung di FSPMI.

“Gak salah dong jika yang mempunyai jiwa juang yang pantang mundur, kompak, solid dan jadi pemenang diberi hadiah,” cetusnya.

Tournament yang akan dibuka langsung oleh Ketua DPW FSPMI Sumatera Utara Willy Agus Utomo ini akan dimulai pada awal minggu pertama di bulan April dengan batasan peserta hanya 8 team.

Pertandingan yang telah di jadwalkan selesai satu bulan dan finalnya tepat pada Hari Buruh Internasional, 1 Mei 2017 ini, pendaftarannya akan dibuka mulai tanggal 14 Maret 2017 sampai dengan 18 Maret 2017, dengan harapan didalam waktu yang singkat itu juga lahirlah manager team yang disiplin.

Tournament yang pendanaanya murni dari Swadaya seluruh PUK FSPMI ini, partai finalnya akan digelar pada tanggal 1 Mei 2017 pukul 16:00 wib setelah selesai melakukan aksi unjuk rasa dalam rangka memperingati May Day. Memperebutkan hadiah utama berupa PIALA (Tropy) Bergilir dan disertakan juga sedikit penambahan dana khas untuk PUK atau Team yang menang dan yang terbaik, yaitu juara 1, juara 2, juara 3, Top Score, Pemain terbaik dan Maneger Terbaik.

“Menurut saya May Day adalah hari perjuangan bukan hari untuk bersenang-senang, maka rayakanlah dengan turun ke jalan, dengan berjuang menuju kemenangan sebagaimana yang telah dilakukan pendahulu kita di era lampau,” ucap Afri menutup rapat.