Rakercab SPL FSPMI Tangerang Raya : Dari Narasi Menjadi Aksi

Bogor, KPonline – Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PC SPL FSPMI) Tangerang Raya menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di Pusdiklat FSPMI, Jl. Babakan Bunga, Tugu Puncak, Bogor, Sabtu (26/03/2022).

Acara yang diselenggarakan selama 2 hari, dari tanggal 26 sampai 27 Maret 2022, dihadiri oleh Presiden FSPMI Riden Hatam Aziz, PP SPL FSPMI Rengga Pria Hutama, Ketua Konsulat Cabang FSPMI Tangerang Akhmad Jumali, Perwakilan PC SPEE Supriyono, PC SPAMK Siswo Sujarno, Jajaran Pengurus PC-Biro SPL dan 106 peserta dari Perwakilan Pengurus Unit Kerja SPL se-Tangerang Raya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Cabang SPL Tangerang Sopiyudin Sidik, mengucapkan ucapan terima kasih dan mengapresiasi kepada seluruh peserta dan tamu yang telah hadir.

Sopi menambahkan, teringat dengan masa pandemi covid-19, banyak kawan-kawan anggota yang terPHK dengan alasan efisiensi. Meski demikian, catatan kegiatan organisasi, SPL Tangerang selalu hadir dalam aksi daerah, nasional maupun aksi solidaritas.

“Dalam rapat ini, kita akan terus dan lanjutkan program-program kerja juga rekomendasi demi kemajuan organisasi di masa yang akan datang”, kata Sopi

Perwakilan PC SPEE, Supriyono, berharap dalam rakercab, menghasilkan program kerja yang membawa lebih baik dan sejahtera bagi anggota dan keluarganya.

“Program yg nantinya disepakati dapat direalisasikan apa yg dicita-citakan terwujud. Meski berbeda sektor Kita adalah satu keluarga satu kendaraan dan saling menguatkan demi cita-cita mensejahterakan buruh,” harapnya.

Senada dengan Supriyono, Perwakilan PC SPAMK Siswo Sujarno, mengatakan logam bukan hanya meniti karir disini, tapi bisa lebih baik lagi. Tidak hanya program kerja ditulis diatas kertas tapi bisa direalisasikan secara nyata.

“Logam harus evaluasi diri, untuk jadi no satu, bukan hanya catatan kertas, tapi bisa realitas,” kata Siswo.

Kemudian, Ketua KC FSPMI Tangerang, Akhmad Jumali, mengungkapkan untuk tetap menjaga kekompakan, kekuatan kekeluargaan, untuk tetap satu bagian.

“Evaluasi hasil capaian kerja, perlu rekomendasi kaderisasi di struktur unsur ditingkat LKS, Depeko, depekab, untuk melanjutkan perjuangan FSPMI, jangan lupa untuk kontribusi dalam memperkuat Training Center Tangerang dan Partai Buruh apa adanya, bukan ada apanya,” ungkap Jumali.

Ditempat yang sama, DPW FSPMI Banten, Erwin Supriyadi, berharap apa yang menjadi harapan kawan-kawan, mengevaluasi apa yg sudah dilakukan, dan merencanakan langkah-langkah selanjutnya.

“Perjuangan kita masih panjang, perjuangan ini harus dilakukan, dan sudah ada alat yaitu Partai Buruh. Mari kita dukung dan menjadi bagian anggota Partai Buruh,” harap Erwin.

Tambahnya, Ia minta dalam proses gugatan Upah di PTUN yg dilakukan DPW melalui LBH FSPMI Banten, mohon support dengan melakukan pengawalan aksi massa.

Sambutannya selanjutnya, Riden Hatam Aziz, FSPMI memaparkan bahwa FSPMI adalah organisasi gerakan melakukan perlawanan terbukti di masa pandemi, pentingnya kembali menceritakan sejarah, agar anggota tahu perjuangan berdirinya SPL FSPMI Tangerang.

Putusan di Kongres VI Purwakarta, memutuskan startegi politik FSPMI, untuk merubah dan membuat kebijakan adalah dengan mendukung Partai Politik yaitu Partai Buruh.

“Kita jangan hanya jadi objek politik, tapi harus mengambil kekuasaan. Partai Buruh sebagai alat perjuang dan sarana demi tercapainya cita-cita buruh dalam menciptakan negara sejahtera, tak ada lagi klas pekerja yang dirugikan,” tegasnya.

“Posisi kita bukan lagi berdebat kenapa mendirikan Partai Buruh, tapi posisi kita meyakinkan diri bahwa partai buruh melalui kadernya bisa duduk di parlemen dan menguasai kekuasaan,” pungkasnya.

Selanjutnya, Rengga Pria Hutama, diberikan kesempatan membuka secara resmi Rapat Kerja Cabang SPL Tangerang Tahun 2022.

Penulis : F. Ramadhani
Foto : Kontributor Tangerang

Pos terkait