Puluhan Nyawa Melayang Dalam Insiden Ledakan Tungku Smelter PT. ITSS Morowali

Morowali, KPonline РTungku smelter milik PT.Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Kawasan IMIP, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) dilaporkan mengalami ledakan hebat dan mengakibatkan korban jiwa berjatuhan pada Minggu, 24 Desember 2023.

Informasi yang diterima koran perdjoeangan tungku smelter PT. ITSS yang meledak hebat tersebut berada di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (PT IMIP) di Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali.

Lebih lanjut diperoleh informasi dari berbagai media nasional, insiden ledakan terjadi sekitar pukul 05.30 WIT. Menurut kesaksian, karyawan pero silicone PT. ITSS sedang melakukan perbaikan tungku, dan melakukan pemasangan plat pada bagian tungku tersebut yang mengakibatkan ledakan sehingga membuat beberapa tabung oksigen di sekitar area juga meledak.

Selanjutnya diperoleh informasi sementara jumlah korban dari dua klinik yaitu klinik 1 dan klinik 2, jumlah korban sebanyak 35 orang
– Meninggal bertambah menjadi 12 orang
– Kritis dalam penanganan medis
– Luka berat dalam penanganan medis
– Luka ringan dalam penanganan medis

Korban mengalami luka bakar berat di sekujur tubuh hingga 70% luka bakar, untuk sementara pelayanan klinik 1 ditutup untuk pasien berobat biasa.

Hingga berita ini dirilis data korban belum bisa dikonfirmasi saat ini karena masih dalam penanganan pihak klinik. (Yanto)