PUK SPAMK FSPMI PT. AT Indonesia : Dengan Semangat Rakernik, Kita Wujudkan PKB yang Lebih Baik

Karawang, KPonline – Hari Sabtu hingga Minggu, 31 Maret – 1 April 2018 PUK SPAMK FSPMI PT. AT Indonesia menggelar agenda Rapat Kerja (Raker) yang pertama kali di periode kepengurusan 2017-2018 masa bakti 2017-2020.

Raker yang digelar selama 2 (dua) hari berturut-turut ini bertempat di ruang rapat Saphire 3, Swiss Bell In Hotel, Karawang Barat.

Bacaan Lainnya

“Dengan Semangat RAKERNIK Kita Wujudkan PKB yang Lebih Baik Untuk Kesejahteraan Bersama, menjadi tema yang dipilih pada RAKERNIK-1 kali ini. Kegiatan ini dibuka dengan menghadirkan pentas tari pencak silat Kipas Sakti dari PERSINAS (Persatuan Silat Nasional) ASAD Kabupaten Karawang. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film pendek tentang kilas balik PUK SPAMK FSPMI Periode tahun 2017-2018 masa bakti 2017-2020 serta dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia RAKERNIK-1, Agus Nurhayadi.

RAKERNIK 1 PUK SPAMK FSPMI PT AT Indonesia selain dihadiri oleh perwakilan dari management PT. AT Indonesia, juga dihadiri oleh ketua PC SPAMK FSPMI Kabupaten Karawang, Ahmad Serum. Dalam sambutan pembukanya, Ahmad mengatakan bahwa setiap pergerakan yang diambil dalam berserikat haruslah menekankan 3 hal, yaitu : KONSEP, LOBBY, dan AKSI.

PUK SPAMK FSPMI PT. AT Indonesia juga turut mengundang perwakilan serikat dari beberapa PUK, diantaranya adalah PUK dari FCC, Fujita, GS Battery, dan Aisin Indonesia. Forum Serikat Pekerja AOP (Astra OtoPart) yang diwakili oleh Roni dari PUK Akebono mengatakan dalam sambutan pembukaannya, bahwa sebagai anggota dan pengurus PUK SPAMK FSPMI harus bersama-sama menjalin hubungan baik dengan management dan tak lupa juga harus bisa bekerja sama dengan PUK-PUK lain-nya.

Hari pertama RAKERNIK dibagi menjadi 2 sesi, sesi yang pertama adalah sesi laporan pertanggung jawaban dari masing masing pengurus di tiap-tiap bidang kepengurusan. Dalam sesi Laporan Pertanggung Jawaban ini, masing-masing pengurus melaporkan kinerja yang telah mereka lakukan dalam kurun waktu satu tahun, semenjak dikukuhkan dan dilantik menjadi Pengurus Unit Kerja (PUK).

Kemudian dilanjutkan dengan pembentukan komisi-komisi untuk membahas beberapa persoalan yang nantinya akan ditetapkan dan disahkan menjadi Peraturan Organisasi atau di singkat PO.

Di sesi kedua, RAKERNIK-1 PUK SPAMK FSPMI PT. AT Indonesia menghadirkan Tutor Suherman dari DPP FSPMI. Sesi kedua ini adalah sesi tentang teknik-teknik pembuatan Perjanjian Kerja Bersama ( PKB ).

Menurut Suherman, ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan dalam pembuatan, perpanjangan, dan pengesahan PKB. Sesi kedua di hari pertama ini selesai pada jam 23:00 WIB.

Menginjak di hari kedua dalam rangkaian RAKERNIK PUK SPAMK-FSPMI PT. AT Indonesia, menghadirkan Bambang dari SP-AOP PUK PT. Indo Karlo Perkasa sebagai Tutor.

Bambang mengajarkan tentang pengertian dan teknik-teknik negosiasi. Bambang mengajak para peserta RAKERNIK untuk langsung mensimulasikan kondisi meeting antara fihak PUK dan Management, hal ini bertujuan agar para peserta RAKERNIK tahu dan memahami kondisi serta situasi yang terjadi pada saat negosiasi antara PUK dengan Management.

Di akhir acara RAKERNIK , Engkos Kosasih selaku Ketua PUK SPAMK FSPMI PT AT. Indonesia mengucapkan terima kasih kepada para peserta RAKERNIK yang sudah mengikuti rangkaian acara yang diadakan selama 2 hari ini. Serta berharap agar proses regenerasi kepengurusan yang akan datang bisa terlihat dan nampak setelah adanya acara RAKERNIK. RAKERNIK-1 berakhir pada pukul 12:00.  ( DaNFa )

Pos terkait