PUK SPAI FSPMI PT. Damai Nusa Sekawan Pasang Plang Nama Sekretariat

Tabagsel,KPonline – Agenda Sosialisasi sekaligus pemasangan Plang papan Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Aneka Industri Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PUK SPAI FSPMI) PT. Damai Nusa Sekawan (DNS) Kebun Sosa Indah, yang dilaksanakan dilingkungan Perumahan karyawan, pada hari Minggu, (6/9/2020) berjalan dengan baik.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan Nomor 21Tahun 2000 Tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh Pasal 25.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (KC FSPMI) Padang Lawas – Korda Tabagsel, Uluan Pardomuan Pane, Turut berhadir Kepala Dinas Tenaga kerja Kabupaten Padang Lawas yang di wakili oleh Idrisman Mandefa, Sebagai Kasi Pengupahan dan Jaminan Sosial, juga turut berhadir sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Forum Solidaritas dan Peduli Mahasiswa Terhadap Buruh (FSPMB) dan beberapa orang perwakilan dari Perusahaan.

Ketua PUK SPAI FSPMI PT. DNS Kebun Sosa Indah, Ali Umar Hasibuan, dalam sambutannya menyampaikan ribuan terimakasih dan apresiasi kepada pihak managemen Perusahaan yang sudah turut berhadir dan merespon dengan baik atas adanya kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan perumahan karyawan.

Selanjutnya Ali Umar Hasibuan juga menyampaikan ” salam hormat kepada bapak Indrisman Mandefa, selaku Kasi Pengupahan dan Jaminan Sosial Dinas Tenaga Kerja Padang Lawas yang sudah meluangkan waktunya untuk bisa hadir bersama kami disini, sekaligus sebagai pemateri 1 mengenai kebebasan berserikat, dan tak lupa kepada jajaran pengurus KC FSPMI Padang Lawas- Korda Tabagsel yang selalu konsisten untuk membina kami sebagai pengurus dan mengingatkan kami agar tidak arogansi dalam menjalankan tanggung jawab sebagai pekerja dan pengurus serikat buruh”.

Pemasangan Plang PUK PT. DNS Sosa Indah. dari kanan, Borkat, Saddam (Satpam Perusahaan), Ali Umar Hasibuan (Ketua PUK), Idrisman Mandepa (Kasi Pengupahan dan Jaminan Sosial Disnaker PALAS), Uluan Pardomuan Pane (Ketua JAMKES WATCH Korda Tabagsel), Dalimunthe, M. Jamil Hasibuan.

Dalam agenda tersebut Idrisman Mandefa, menyampaikan materi tentang kebebasan berserikat sesuai dengan ketentuan Undang 21 Tahun 2000.

“Setiap pekerja berhak untuk berserikat dan tidak boleh ada yang menghalang-halangi kegiatan serikat buruh, namun mesti demikian, kawan-kawan sebagai pekerja, agar menunjukkan kepada perusahaan, dengan adanya PUK SPAI FSPMI PT. DNS Kebun Sosa Indah ini, harus meningkatkan mutu dan kualitas kita sebagai pekerja, mendorong perusahaan agar mendapatkan keuntungan dan laba yang lebih tinggi, dan tetap menjaga hubungan yang harmonis dan dinamis sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.” Tuturnya.

Selanjutnya, Uluan Pardomuan Pane juga menyampaikan dalam materinya, ” selain kita sebagai anggota serikat buruh mempunyai hak, tentunya kita juga memiliki tanggung jawab yang sama besarnya dengan hak kita, ada keselarasan antara tuntutan dan kewajiban, tidak boleh arogansi dalam menjalankan tanggung jawab sebagai anggota serikat buruh.”

“Berjalannya organisasi di atas garis undang-undang adalah sebuah langkah kita untuk tetap menjaga kualitas serikat buruh, kita akan melakukan tindakan bagi siapa saja yang berupaya melakukan pelemahan serikat buruh FSPMI, ini adalah rumah kita dan tempat kita belajar, sebagaimana fungsi serikat buruh, untuk memberikan perlindungan, pembelaan, pendidikan dan memperjuangkan hak-hak para buruh” Tuturnya.

Ucapan terimakasih juga terlontar dari salah satu anggota PUK SPAI FSPMI PT. DNS Sosa Indah, Borkat Hasibuan,” sebagai buruh kami sangat berterimakasih dan merasa bersyukur atas kehadiran pengurus KC FSPMI dan jajaran Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Padang Lawas, pendidikan yang kami peroleh dari serikat buruh ini sangat bermanfaat, dan ini pertama kalinya kami mendapatkan pendidikan yang cukup baik dan berharga bagi buruh seperti kami ini.” Tutupnya.(7/9)  (MP Korda Tabagsel)