PUK FSPMI – SPAMK PT AT.Indonesia Gelar Pendidikan Dasar

  • Whatsapp

Karawang,KPonline – PUK FSPMI – SPAMK PT AT.Indonesia menggelar Pendidikan Dasar bertempat di Borobudur Room, Citra Grand Hotel Karawang, pada 11 Februari 2018.

Agenda pendidikan dasar yang digelar ini merupakan batch ke -3 dari rangkaian pendidikan dasar yang sudah menjadi agenda di kepengurusan PUK PT.AT Indonesia periode tahun kepengurusan 2017 – 2020 .

Bacaan Lainnya

Selain diikuti oleh anggota serikat pekerja dari PT.AT Indonesia, pendidikan dasar kali ini juga di ikuti oleh anggota serikat pekerja dari PT. SIIX EMS Indonesia dan Serikat Pekerja PT. Tamano Indonesia, dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang.

Dalam sambutan pembukaan yang dibawakan oleh pengurus bidang pendidikan dan K3, mengatakan bahwa Pendidikan Dasar ini akan dilakukan setiap bulannya sampai semua anggota mendapatkan pendidikan dasar. Dimana pendidikan ini sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dapat dipergunakan untuk menghadapi permasalahan-permasalahan di tempat kerja.

Sementara itu dalam sambutan Pengurus Cabang FSPMI Kabupaten Karawang yang di wakili oleh Engkos, menjelaskan kepada para peserta Pendidikan Dasar tentang sejarah Serikat Pekerja dan penjelasan UU ILO tentang Perburuhan Internasional.

Pendidikan Dasar kali ini mengangkat tema “ Dengan Semangat Solidaritas Kita Wujudkan Kesejahteraan Bersama “.

Menginjak ke Sesi kedua dari rangkaian Pendidikan Dasar FSPMI-SPAMK PT AT. Indonesia kali ini menghadirkan Jonet Kirwanto dari DPP FSPMI sebagai Tutor Utama . Jonet memberikan materi tentang Dasar Hukum Serikat Pekerja. Ada beberapa materi yang disampaikan oleh  Jonet, antara lain adalah tentang UU No.21 Tahun 2000, arti pentingnya kaderisasi di FSPMI dan tentang prosedur penyampaian keluh kesah serta dasar hukumnya.

Disela-sela penyampaian materi, Jonet juga membuat ice breaakibg game, hal ini bertujuan supaya para peserta pendidikan dasar tidak bosan dalam mengikuti dan menyerap materi yang dia berikan.

Selain itu untuk lebih memantabkan materi yang disampaikan, Jonet memutarkan beberapa cuplikan adegan film yang bercerita tentang pergerakan para buruh di Amerika.

Dalam sesi tanya jawab, Jonet mengatakan bahwa pendidikan serikat pekerja ini bisa merubah pola pikir tentang pentingnya berserikat dan menambah wawasan para anggota. Jonet juga menjabarkan tentang isi materi yang disampaikan haruslah mengikuti perkembangan jaman hal ini dikarenakan ancaman ancaman yang di hadapi oleh serikat pekerja ke depan nya akan sangat berat.

Disela-sela break istirahat, penulis mencoba untuk mewawancarai beberapa peserta pendidikan dasar. Berikut adalah cuplikan hasil wawancaranya .

” Pendidikan Dasar ini sangat penting , agar kita bisa tahu tentang seluk beluk serikat pekerja “– Intan , PT SIIX EMS Indonesia.

“Pendidikan Dasar ini sangat penting,apalagi saya sebagai pekerja di PT.Tamano yang masih baru mengenal dan mengetahui tentang seluk beluk serta dasar hukum serikat pekerja” – Nurhayati, PT TAMANO Indonesia.

” Pendidikan Serikat Pekerja ini sangat baik , karena bisa kita mendapatkan ilmu tentang dasar dasar serikat pakerja, sehingga pekerja bisa bersinergi dengan para pengurus dan perusahaan ” – Onny , PT. AT Indonesia. -( DaN )-

Pos terkait