Pipa JDU Perumda Tirta Bhagasasi Jebol, Beberapa Wilayah Terdampak Pasokan Air

Bekasi, KPonline – Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengganti pipa jaringan distribusi utama jalur Tegal Gede-Cibarusah untuk mengoptimalkan pelayanan perusahaan dengan pelanggan terbesar se-Jawa Barat pada tahun 2023 yang lalu.

“Peremajaan pipa ini bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan air bersih kepada pelanggan,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Usep Rahman Salim dikutip dari Antara News.

Ia menjelaskan penggantian pipa ini dilakukan sepanjang 10 kilometer, melintasi beberapa kecamatan sekaligus mulai Kecamatan Cikarang Utara, wilayah Ciantra di Kecamatan Cikarang Selatan hingga Kecamatan Setu, Serang Baru, serta Kecamatan Cibarusah.

Pekerjaan penggantian pipa ini diawali dengan merelokasi pipa lama dilanjutkan pembuatan jaringan baru melalui proses perbaikan serta penambahan kedalaman pada jalur eksisting.

“Pipa pengganti ini berjenis HDPE yang memiliki kualitas lebih bagus dibandingkan pipa sebelumnya yakni PVC,” katanya.

Didapat informasi seluruh pembiayaan peremajaan pipa ini didapatkan dari pemilik modal yakni Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui skema penyertaan modal senilai Rp.75 miliar.

Lebih lanjut dikatakan pipanisasi baru ini tidak terlepas dari pekerjaan perbaikan dan pelebaran jalan di Ruas KH Raden Ma’mun Nawawi atau yang sebelumnya dikenal Jalan Cikarang – Cibarusah. Ruas jalan itu pada era 1990-an diketahui menjadi kewenangan pemerintah daerah mengingat status jalan tersebut dahulu merupakan jalan kabupaten dengan lebar hanya enam meter.

Namun pasca pergantian atau peremajaan pipa PDAM Tirta Bhagasasi mengalami banyak kebocoran diberbagai tempat seperti di Cifest dan Tegal Gede yang paling sering.

Informasi yang dihimpun koran perdjoeangan (30/1/2024) kebocoran kembali terjadi pada pipa JDU Selatan A Jl.Raya Industri Kp. Tegal Gede (depan PT.Mulia Keramik)

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi Bekasi Cabang Cikarang Selatan menyampaikan pemberitahuan bahwa akan dilakukan perbaikan pada kebocoran tersebut.

“Pasokan air ke wilayah Cikarang Selatan akan terganggu, berikut daerah yang terdampak diantaranya Villa Mutiara 1, Villa Mutiara 2, Kp.Kukun, Kp.Cicadas, Serang, Cijingga, Gg.Jamil, Leuweung Malang, Pasir Konci, Pergaulan, Tegal Gede, Kawasan Karyadeka, Hotel Nuanza, Hotel Primebiz, Hotel Santika dan Chadstone,” tulis kepala Cabang Cikarang Selatan, Suprihatin, S.E.

“Disarankan pelanggan untuk menampung air untuk kebutuhan selama perbaikan kebocoran tersebut,” imbuhnya. (Yanto)