Pertama Kali Sejak 52 Tahun, Buruh Samsung Akan Berunding Upah 2022

  • Whatsapp

Korea, KPonline – Samsung Electronics memulai negosiasi upah pertamanya dengan serikat pekerja pada Senin (13/9/21), atau sebulan setelah perusahaan menandatangani perjanjian resmi pertamanya dengan serikat pekerja dalam 52 tahun terakhir

Sebelumnya, Samsung Electronics telah menegosiasikan upah dengan dewan manajemen tenaga kerja internal yang harus ditetapkan oleh perusahaan sesuai dengan Undang-Undang tentang Kerjasama Karyawan.

Bacaan Lainnya

Belum ada rincian negosiasi, seperti siapa yang akan ambil bagian dan kapan pertemuan akan berlangsung. Sebuah kesepakatan biasanya memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Menurut Samsung Electronics, negosiasi dimulai pada hari Senin mengenai kenaikan gaji dan tunjangan untuk tahun 2022. Empat serikat pekerja – Serikat Pekerja Kantor Samsung Electronics, Serikat Pekerja Samsung Electronics AS, Serikat Pekerja Samsung Electronics dan Serikat Pekerja Nasional Samsung Electronics – diharapkan akan bergabung. di meja perundingan.

Tetapi Serikat Buruh Samsung Electronics Nasional, yang terbesar dari semua serikat pekerja Samsung, ingin mengadakan negosiasi terpisah dan telah meminta Kementerian Tenaga Kerja apakah itu dapat dilakukan.

Di kutip dari koreandaily, Serikat Buruh Samsung Electronics Nasional meminta kesepakatan terpisah dengan perusahaan bahkan untuk kesepakatan yang ditandatangani bulan lalu. Namun, kementerian tenaga kerja memerintahkan agar itu datang ke meja perundingan dengan serikat pekerja lainnya.

Negosiasi saat ini diperkirakan akan sulit, karena perusahaan saingan telah menetapkan kenaikan gaji lebih tinggi dari yang ditetapkan oleh dewan manajemen tenaga kerja Samsung Electronics awal tahun ini.

Pada bulan Maret, dewan menetapkan kenaikan 4,5 persen untuk semua orang dengan tambahan kenaikan 3 persen untuk pekerja dengan kinerja yang sangat baik.

Pada bulan Juni, SK hynix menandatangani kesepakatan untuk kenaikan gaji 8 persen, dan LG Electronics menyelesaikan kenaikan 9 persen pada bulan Maret.

“Kami akan menetapkan aturan dan jadwal negosiasi terlebih dahulu kemudian memulai proses tawar-menawar setelah liburan Chuseok,” kata seorang pejabat dari Samsung Electronics.

Pada bulan Juli, Samsung Display mencapai kesepakatan kenaikan 4,5 persen untuk semua karyawan. Itu adalah yang pertama dari semua perusahaan Samsung yang bernegosiasi dengan serikat pekerjanya. Kesepakatan itu dicapai setelah sembilan pertemuan selama lima bulan.

Pos terkait