Perlu Di Contoh, Pengusaha Astra Komponen Indonesia dan Serikat Pekerja Saling Bantu Disaat Wabah Corona

  • Whatsapp

Bogor, KPonline, – Menjalin hubungan industrial yang harmonis dan berkeadilan sudah selayaknya dilakukan oleh kedua belah pihak, dalam hal ini tentu saja pihak pengusaha dan pihak serikat pekerja/serikat buruh. Saling bantu membantu dalam situasi dan kondisi apapun, merupakan simbiosis mutualisme yang sudah seharusnya kerap dilakukan baik oleh pihak pengusaha, maupun pihak serikat pekerja/serikat buruh.

Hal-hal tersebutlah yang sedang berlangsung di PT. Astra Komponen Indonesia. Serikat pekerja, dalam hal ini yaitu, PUK SPAMK-FSPMI PT. Astra Komponen Indonesia berinisiatif untuk membantu pihak perusahaan untuk memasarkan produk-produk hasil produksi PT. Astra Komponen Indonesia. “Insiatif kami sih awalnya, karena kami sadar dan paham bahwa situasi dan kondisi produktivitas perusahaan kami bekerja sedang menurun drastis. Lagi pula tidak ada salahnya jika kami, serikat pekerja membantu perusahaan agar tetap berdiri. Perusahaan kami bekerja meruoakan ladang dan tempat kami semua untuk mendapatkan penghasilan. Dan dengan tidak adanya pengurangan upah, itu merupakan suatu nilai plus buat perusahaan, dan kami sangat mengapresiasi hal tersebut,” jelas Aji Wicaksono, Ketua PUK SPAMK-FSPMI PT. Astra Komponen Indonesia.

Bacaan Lainnya

Hal senada juga diucapkan oleh Triharmoko, Ketua PUK FSPPM PT. Astra Komponen Indonesia. “Saat ini produktivitas produksi menurun drastis, sehingga memaksa pihak perusahaan untuk menerapkan dirumahkannya ratusan karyawan PT. Astra Komponen Indonesia (ASKI). Ada banyak karyawan yang sudah hampir 4 bulan ini WFH (Work From Home),” ungkap Triharmoko kepada Media Perdjoeangan.

Terkait perusahaan memproduksi alat-alat kesehatan seperti faceshield, touchless handle dan lain-lain, Triharmoko menjelaskan bahwa dirinya dan ratusan karyawan PT. Astra Komponen Indonesia sangat mendukung langkah-langkah perusahaan dalam hal penyelamatan eksistensi perusahaan dan karyawan. “Kami jelas sangat mendukung langkah-langkah yang telah diambil dan dilakukan oleh pihak perusahan. Karena langkah-langkah tersebut, tentu saja dalam menyelamatkan semua pihak,” lanjut Triharmoko.

Harapan dan cita-cita dari kedua serikat pekerja hampir senada, melihat situasi dan kondisi dunia secara global, akibat dari wabah dan pandemi virus Corona. “Saya berharap, situasi dan kondisi dunia industri kedepannya semakin lebih baik. Meskipun belum terlihat tanda-tandanya, akan tetapi optimisme tersebut harus kita jaga,” tutur Aji Wicaksono.(RDW)

Pos terkait