Perjuangan Panjang PUK SPAI FSPMI PT. Uno Filter Technology Membuahkan Hasil

Perjuangan Panjang PUK SPAI FSPMI PT. Uno Filter Technology Membuahkan Hasil

Karawang, KPonline – Siapa yang tidak mengenal PUK SPAI FSPMI PT. Uno Filter Technology yang berlokasi di Kawasan Industri Surya Cipta, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang? Sejak awal bergabungnya ke SPAI FSPMI Karawang, banyak permasalahan dan pelanggaran hak normatif yang dipakukan  PT. Uno Filter Technology seperti.

Beberapa permasalahan tersebut, antara lain: (1) Tidak adanya Peraturan Perusahaan, (2) Hampir semua pekerjanya tidak ada Perjanjian Kerja secara tertulis, (3) Upah di bawah upah Minimum Kabupaten, dan (4) seluruh Karyawan tidak didaftarkan menjadi peserta BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Tanpa kenal lelah, semenjak bergabung menjadi anggota SPAI FSPMI, pengurus dan anggota melakukan konsolidasi dan bedah kasus. Baik ketika pulang kerja, atau saat libur kerja. Bahkan sampai larut malam.

Hal ini membuktikan keseriusan PUK SPAI FSPMI PT. Uno Filter Technology berjuang menuntut hak normatif yang belum diberikan oleh perusahaan.

Seluruh pengurus PUK SPAI FSPMI PT. Uno Filter Technology Selalu mengikuti arahan dari pengurus Pimpinan Cabang SPAI FSPMI Karawang. Baik itu ketika berunding bipartit atau pun dalam pembuatan draft Peraturan Perusahaan ataupun Perjanjian Kerja Bersama.

Ketika awal melakukan bipartit ada niat baik perusahaan untuk memperbaiki kesalahannya terbukti tidak begitu lama dari awal perundingan pihak perusahaan memperbaiki upah karyawan. Dari yang tadinya di bawah upah minimum menjadi upah UMK.

Seiring waktu berjalan, terus berlanjut dengan adanya seluruh karyawan di daftarkan nya baik yang anggota atau pun yang bukan anggota FSPMI ke dalam Kepesertaan BPJS  Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Belum puas dengan hasil yang didapat,  PUK SPAI FSPMI PT. Uno Filter Technology yang dikomandoi oleh Adi Kurnia sebagai Ketua PUK dan Andri Kurniawan sebagai Sekretaris, menuntut segera diterbitkannya SK Pengangkatan sebagai pekerja tetap.

Perusahaan pun menyetujuinya dengan syarat PUK mau menandatangani draft Peraturan Perusahaan yang akan disahkan. PUK pun menyetujui tetapi dengan catatan, dari draft yang diberikan perusahaan ada beberapa point yang minta agar perusahaan mau merevisinya.

Akhirnya dengan kesabaran pengurus PUK dan anggota PUK SPAI FSPMI PT. Uno Filter Technology, per tanggal 23 Mei 2018 terjadi kesepakatan antara Management dan PUK SPAI FSPMI PT. Uno Filter Technology.

Management menandatangani Peraturan Perusahaan yang telah di revisi oleh PUK SPAI FSPMI PT. Uno Filter Technology.  Sebagai bentuk komitmen, Management PT. Uno Filter Technology memberikan Surat Pernyataan bahwa Management akan mengangkat seluruh pekerjanya menjadi Karyawan Tetap.

(MST)

Facebook Comments

Comments are closed.